Mengenal Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat Batu yang Mengganggu

Ayu Puji Lestari25 Nov 2018, 09:00 WIB
Jerawat/mlg

Fimela.com, Jakarta Cystic acne atau yang lebih dikenal dengan sebutan jerawat batu merupakan jenis infeksi yang terbentuk jauh di bawah jaringan kulit. Jerawat dengan jenis ini selalu muncul dengan ukuran yang cukup besar, disertai dengan kemerahan, dan timbul efek nyeri saar tersentuh. Selain rasa sakit yang cukup mengganggu, penyembuhan cystic acne sendiri juga cukup membutuhkan waktu lama. Bahkan, tak sedikit pula yang butuh waktu tahunan untuk benar-benar hilang. Buruknya lagi, jenis jerawat ini biasanya juga akan meninggalkan bekas yang sukar hilang. Cystic acne dikenal juga sebagai milium, yakni berupa benjolan di permukaan kulit yang meradang dan tidak bermata.

Banyak orang yang masih bertanya-tanya apa sebenarnya penyebab cystic acne dan bagaimana cara mencegahnya agar tidak terkena jenis jerawat yang cukup menyakitkan ini. Lewat artikel berikut, bekali diri kamu dengan informasi seputar cystic acne, yuk!

1. Penyebab Timbulnya Cystic Acne

1. Masalah hormon

Hormon merupakan salah satu faktor utama yang bisa membuat seseorang mengalami cystic acne. Mulai dari ketidakseimbangan hormon pada perempuan seperti, polycystic ovary syndrome (PCOS), hingga meningkatnya hormon androgen yang dapat menstimulasi kelenjar sebum untuk memproduksi minyak lebih banyak. Hormon androgen sendiri bisa disebabkan oleh dua faktor, pertama karena mengkonsumsi pil KB dan yang kedua diakibatkan oleh stres.

b. Faktor keturunan

Jerawat cystic juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan alias genetika. Faktor keturunan merupakan salah satu penyebab utama jerawat batu pada sebagian besar kasus. Jadi, jika salah satu dari orangtuamu pernah atau sering mengalami jerawat jenis ini, maka jangan heran jika Sahabat Fimela akan rentan mengalaminya juga.

c. Polusi dan sinar matahari

Sinar ultraviolet yang dihasilkan oleh sinar matahari menjadi salah satu faktor terjadinya kerusakan pada kulit, termasuk jerawat batu. Selain itu faktor lingkungan, seperti polusi udara yang hampir selalu memapar kita ketika beraktivitas di luar lingkungan, juga dapat menjadi pemicu munculnya cystic acne pada kulit.

d. Gaya hidup

Mungkin ada yang sudah mengetahui bahwa pola hidup yang kurang baik dapat memicu terjadinya masalah kulit, termasuk cystic acne. Gaya hidup yang dimaksud umumnya meliputi pola makan serta pola hidup yang dijalani setiap hari. Sebagai contoh, para orang dengan tingkat sensitivitas tertentu, ada yang mudah sekali mengalami masalah jerawat saat ia mengonsumsi makanan berlemak. Selain itu, sering mengonsumsi junk food juga menjadi salah satu kebiasaan yang perlu dihindari untuk meminimalisir timbulnya jerawat. Oleh karena itu, mulailah menjauhi gaya hidup yang berlebihan dengan mengurangi konsumsi makanan cepat saji dan makanan gorengan yang bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

e. Kosmetik berbahan kimia tinggi

Terus menerus memakai kosmetik yang memiliki kandungan bahan kimia bisa memicu kerusakan pada kulit apalagi jika tidak diimbangi dengan perawatan yang tepat. Hal tersebut dikarenakan kulit kita memiliki kemampuan yang terbatas untuk mengeluarkan zat berbahaya yang dihasilkan dari bahan-bahan kimia yang terkandung pada berbagai produk kosmetik yang kita gunakan. Dan, hal inilah yang pada akhirnya memicu timbulnya jerawat cystic.

2. Cara Pencegahan Agar Terhindar dari Cystic Acne

a. Menjaga kebersihan wajah

Menjaga kebersihan wajah merupakan hal mutlak untuk menghindari masalah kulit berjerawat. Pastikan untuk selalu membersihkannya setelah beraktivitas dan sebelum tidur agar makeup serta kotoran yang menempel tidak menyumbat pori-pori yang menyebabkan wajah menjadi lebih mudah mengalami jerawat. Agar kondisi kulit senantiasa terjaga, maksimalkan rutinitas membersihkan wajahmu dengan melakukan double cleansing. Selain itu, pastikan pula untuk mengurangi intensitas menyentuh wajah karena tangan mengandung banyak bakteri yang bisa menyebabkan jerawat.

b. Menjaga pola makan

Menjaga pola makan merupakan salah satu langkah yang bisa kamu lakukan untuk mencegah jerawat batu. Jadi, sebaiknya mulai mencoba memerhatikan makanan yang ingin dikonsumi sekaligus perbanyak asupan buah dan sayur. Selain mengandung vitamin, buah dan sayur juga punya banyak mineral serta nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan kulit.

c. Mengontrol stres

Seperti yang sudah diketahui, stres merupakan pemicu dari meningkatnya hormon yang bisa membuat kulit mudah berjerawat. Karenanya, sangat perlu untuk mulai melakukan management stress agar pikiran jauh lebih tenang, sehingga produksi hormon pada tubuh pun tetap seimbang

d. Mengurangi Pemakaian Kosmetik Berbahan Kimia

Untuk mencegah terjadinya cystic acne yang diakibatkan karena menumpuknya bahan kimia yang terkandung pada produk kosmetik yang digunakan, alangkah baiknya jika kamu mulai beralih pada produk-produk yang berbahan alami. Namun tentu saja, tetap perlu memilih produk kecantikan yang sesuai dengan jenis kulitmu, ya!

Baca Juga: Ragam Produk yang Direkomendasikan untuk Mengatasi Cystic Acne. Ada yang Sudah Mencobanya?

Artikel: Beauty Journal by Sociolla