Sukses

Beauty

6 Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Menjadi Vegetarian

Saat ini banyak orang memilih untuk menjalani gaya hidup sehat. Salah satunya adalah dengan menjadi vegetarian. Kini menjadi seorang vegetarian telah lazim. Restoran-restoran pun telah banyak yang menyediakan menu khusus bagi para pengikuti gaya hidup ini.

Tetapi, jika Anda ingin menjadi seorang vegetarian, yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan diri dengan pengetahuan yang cukup. Dilansir dari health.com, berikut hal-hal yang perlu Anda persiapkan sebelum menjadi seorang vegetarian.

(vem/wnd)

Protein

Saat Anda memutuskan menjadi vegetarian, Anda harus tetap mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Salah satunya adalah protein. Valerie Rosser, seorang pakar diet mengatakan setiap makanan yang dikonsumsi harus mengandung protein. Protein akan membentuk senyawa amino acid yang berguna bagi pertumbuhan dan perbaikan sel.

The Institute of Medicine merekomendasikan 0,8 gram protein setiap kilogram berat tubuh tiap hari bagi orang dewasa. Nah untuk mencukupinya Anda dapat mengkonsumsi kedelai, kacang-kacangan dan tempe.

Awas Junk Food

Mengalihkan daging dan menggantinya dengan roti putih, pasta dan berbagai makanan kemasan dapat menjadikan diet vegan Anda berantakan. Valerie Rosser mengatakan, "Bukanlah hal yang baik menukar produk hewani yang mengandung protein, vitamin dan mineral dengan makanan olahan yang menyediakan lebih sedikit nutrisi". Selain itu, produk olahan mengandung kalori yang lebih banyak. Hasilnya? Anda akan lebih mudah lapar dan berat badan pun naik.

 

Kedelai

Secara umum, penganut vegetarian banyak yang lebih memilih mengganti daging dengan produk olahan kedelai. Meskipun para ilmuwan masih berdebat tentang efek kedelai pada kanker dan jantung, satu hal yang harus diingat adalah kedelai sering diproses sarat dengan natrium dan pengawet. Natrium dan pengawet ini banyak terdapat pada produk-produk beku imitasi daging yang berasal dari kedelai. Hati-hati membaca label kemasan ya, Ladies!

Menjadi Vegetarian Tidak Dengan Cara Instan

Menjadi vegetarian tidak dapat dilakukan secara ajaib. Dibutuhkan latihan dan waktu untuk membiasakan diri. Rosser mengatakan, "Mulailah dengan menambahkan lebih banyak produk nabati dalam diet Anda. Sementara itu, di saat yang bersamaan, kurangilah konsumsi produk hewani dalam makanan Anda". Anda dapat mulai mengurangi konsumsi makanan olahan dan produk hewani non-organik dari sekarang.

Kalsium

Penelitian merekomendasikan orang dewasa yang berusia antara 19 - 50 tahun mendapatkan minimal 1.000 mg kalsium per hari. Tetapi seorang vegetarian biasanya mengkonsumsi kurang dari itu. Kuncinya adalah makan berbagai makanan alami yang kaya kalsium seperti kangkung, bok choy, almond, kacang kedelai dan tahu. Bonusnya: kedelai dan sayur-sayuran hijau selain tinggi vitamin juga membantu tubuh Anda menyerap kalsium, lho.

Batasan Memilih Makanan di Luar Rumah

Seiring dengan populernya gaya hidup vegetarian, banyak restoran yang memberikan pilihan menu sehat ala vegetarian. Walaupun pilihan menu yang Anda konsumsi terlihat sangat vegan, sebaiknya Anda memastikan pelayan mengetahui tentang diet yang Anda jalani. Beritahukan pelayan agar tidak menggunakan produk-produk berbahan dasar hewani, meskipun itu butter atau kaldu ayam yang tersembunyi. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading