Sukses

Beauty

5 Makanan Yang Paling Disarankan Untuk Kesehatan Gigi

Ladies, ternyata sangat penting juga lho untuk memperhatikan efek makanan terhadap gigi. Apa lagi jika gigi Anda membutuhkan perawatan khusus. Anda akan mendapatkan sederet pantangan makanan dari dokter gigi Anda.

Misalnya minum kopi berlebihan dapat menimbulkan plak pada gigi, minuman yang dingin ketika dikonsumsi dengan makanan yang panas atau dingin juga dapat merusak email gigi.

Lalu kira-kira makanan apa yang paling disarankan dokter gigi? Berikut dilansir dari situs mindbodygreen.com daftar 5 makanan yang paling disarankan untuk kesehatan gigi:

(vem/hyn)

Keju

Keju mengandung kalsium yang tinggi dan rendah asam. Kalsium melindungi tulang dan gigi serta menjaga gigi Anda selalu terlihat putih hingga usia tua. Keju juga mengandung kasein yang sangat ampuh untuk mencegah bakteri berkembang di gigi. Jadi keju bisa Anda konsumsi untuk mencegah gigi berlubang.

Buah apel

Pilih buah apel yang masih segar dan crunchy. Gerakan mengunyah menghasilkan enzim saliva yang sangat baik untuk gigi. Enzim saliva berfungsi untuk menetralisir asam di dalam mulut yang dapat mengikis permukaan gigi.

Serat pada buah apel juga berfungsi untuk membersihkan gigi. Ketika Anda menelan makanan, enzim-enzim dalam mulut ikut masuk ke saluran pencernaan. Nah makanan yang mengandung enzim dari mulut ini sangat baik untuk kesehatan saluran pencernaan Anda dan berfungsi membantu tahap metabolisme selanjutnya.

Minyak wijen

Menurut penelitian ternyata minyak wijen sangat baik untuk mengurangi plak dan mencegah peradangan gusi. Karena minyak wijen tidak dapat digunakan pada semua masakan, Anda dapat menggunakan minyak ini sebagai kombinasi obat kumur.

Mencampurkan satu sendok makan minyak wijen ke dalam air dan menggunakannya untuk berkumur dapat menghilangkan kuman dan bakteri pada mulut. Meskipun rasanya tidak seenak obat kumur yang dijual di pasaran.

Sayur brokoli

Jika Anda penggemar minuman soda, cobalah untuk mengonsumsi brokoli sebelum Anda menenggak minuman bersoda. Meskipun ini sangat terdengar aneh, namun sebuah penelitian di Eropa mengungkapkan bahwa zat besi pada sayuran mampu menciptakan asam yang akan melindungi gigi.

Nah asam yang telah lebih dahulu diciptakan sayuran akan menghalangi asam dari soda yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Selain sebelum minum soda, Anda juga dapat mengonsumsi brokoli sebelum makan makanan yang manis atau makanan yang mengandung asam lainnya.

Permen karet non gula

Mengunyah permen karet dapat meningkatkan enzim saliva pada mulut. Permen karet tanpa gula biasanya mengandung pemanis alami seperti Xylitol yang dapat membantu mengurangi bakteri jahat di dalam mulut.

Jika Anda sedang menjalani perawatan gigi berlubang, hindari memilih jenis permen karet yang mengandung perasa mentol. Karena pada permen karet jenis ini mengandung asam yang justru dapat merusak lapisan gigi Anda.

Nah, mudah bukan jika ingin gigi Anda tetap sehat? Konsumsi pilihan makanan di atas dan tentu jangan lupa menggosok gigi minimal 2 kali sehari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading