Sukses

Beauty

5 Larangan Saat Mencuci Muka

Mencuci muka memang rutinitas yang biasa dilakukan oleh wanita. Mencuci muka sangat penting dilakukan terutama ketika Anda menggunakan makeup yang tebal atau beraktivitas di luar ruangan. Kotoran yang menyumbat pori-pori jika tidak dibersihkan secara tuntas bisa menimbulkan berbagai masalah pada kulit wajah, misal jerawat atau komedo. Ternyata kebiasaan mencuci muka yang salah malah membuat kulit rusak.

Dari situs harpersbazaar.com menyebutkan 6 larangan yang tidak boleh Anda lakukan ketika mencuci muka, coba cek satu per satu apakah Anda pernah melakukannya. Kemudian lakukan cara mencuci muka dengan benar dan kulit Anda akan terselamatkan!

 

(vem/hyn)

Berlebihan

Mencuci muka memang membuat wajah lebih segar dan merontokkan kotoran yang menempel pada wajah. Tetapi jangan terlalu sering mencuci muka, hal ini akan membuat kulit Anda semakin kering. Ingat Ladies, kulit kering rawan penuaan dini lho. Disarankan untuk mendapatkan hasil maksimal cuci muka Anda maksimal 2 kali sehari menggunakan sabun wajah saat pagi dan malam hari. Selain di jam tersebut, Anda cukup menggunakan air bersih.

Bahan kimia berbahaya

Perhatikan kandungan bahan kimia pada produk pembersih wajah Anda. Sebaiknya Anda meminta saran dokter atau ahli kecantikan untuk memilih bahan produk pembersih yang tidak berbahaya. Anda juga harus lebih selektif jika kulit Anda termasuk kulit yang sensitif. Jangan sampai kesalahan memilih produk pembersih wajah akan membuat jerawat menghiasi kulit cantik Anda. Coba oleskan pada kulit tangan Anda, jika tidak terasa panas, maka produk tersebut aman Anda gunakan.

Pencerah

Produk pembersih wajah dengan kandungan zat pemutih memang efektif untuk mencerahkan warna kulit. Pakar dermatologis Jeannette Graf menyarankan penggunaan produk kecantikan yang mengandung pencerah kulit tidak boleh sembarangan. Pemakaian pada malam hari lebih diutamakan karena sel-sel kulit diperbaharui pada malam hari. Tetapi penggunaan pencerah kulit lebih dari 2 kali seminggu dapat mengakibatkan iritasi pada kulit.

Air panas

Jika udara terasa sangat dingin terutama saat musim hujan, memang kulit akan lebih cepat kering. Dan akan semakin kering jika mencuci wajah Anda dengan air dingin. Tapi jangan terburu-buru mengambil air panas untuk mencuci muka Anda. Tunggulah beberapa saat sampai sekiranya suhu tubuh Anda sudah normal. Kemudian basuh wajah Anda menggunakan air hangat. Perkirakan suhu air tidak terlalu berbeda dengan suhu tubuh Anda.

Tisu wajah

Ketika Anda sedang terburu-buru gunakan tisu wajah untuk membersihkan sisa makeup. Tapi yang perlu Anda ingat, tisu wajah tidak mampu mengangkat semua sisa makeup Anda. Ketika Anda sudah di rumah, segera cucilah wajah Anda. Terutama jika Anda memakai makeup yang tebal, pastikan pembersih wajah Anda mampu mengangkat semua sisa makeup dari pori-pori hingga bersih.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading