Sukses

Beauty

5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Rambut

Rambut yang sehat ditentukan tidak hanya dari produk shampo atau conditioner yang Anda gunakan. Kebiasaan-kebiasaan yang sering Anda lakukan terhadap rambut Anda juga memengaruhi kesehatan dan kondisi rambut Anda. Berikut ini 5 kebiasaan buruk, seperti yang dilansir dari prevention.com, yang bisa merusak rambut dan membuat rambut Anda cepat tipis.

1. Menggunakan Alat Perawatan Rambut Bersuhu Tinggi
Penggunaan pengering rambut dengan suhu yang terlalu tinggi bisa merusak rambutĀ  Anda. Suhu yang terlalu tinggi dapat merusak protein yang menyusun rambut Anda dan juga merusak kutikula pelindung kulit kepala Anda. Dr. Bauman mengatakan bahwa ketika kutikula rusak, kelembabannya akan rusak dan rambut kita akan lebih mudah rusak.

2. Menyisir Rambut Setelah Keramas
Helai rambut kita akan lebih rapuh dan lebih mudah rusak ketika terkena air. Jadi, ketika Anda menyisir rambut ketika rambut dalam keadaan basah, rambut akan lebih mudah rontok. Lebih baik sebelum keramas, sisir rambut Anda terlebih dahulu dan ketika selesai keramas, Anda tinggal menggunakan handuk dan menunggunya kering sebelum menyisirnya.

3. Mengikat Rambut Terlalu Kencang
Jika Anda memiliki rambut panjang dan suka mengikat rambut Anda, usahakan untuk tidak mengikat terlalu kencang. Saat Anda mengikat rambut terlalu kencang, folikel rambut bisa sangat tertekan. Akibatnya bisa merusaknya dan melukai kulit kepala Anda sendiri. Doris Day, MD, seorang dermatologis yang tinggal di New York mengatakan bahwa mengikat rambut terlalu kencang bisa menyebabkan traction alopecia, yaitu sebuah kondisi yang bisa memperburuk folikel rambut dan membuat rambut tak bisa tumbuh. Ketika tidur, usahakan untuk melepaskan ikatan rambut Anda juga.

4. Tidak Mencuci Rambut Selama Berhari-Hari
Sangat dianjurkan untuk mencuci rambut atau keramas setiap dua hari sekali. Terlalu lama tidak mencuci rambut akan membuat kotoran atau ketombe menumpuk terlalu banyak. Saat sudah terlalu banyak kotoran atau ketombe di kulit kepala, maka folikel rambut akan tertutup dan jika kondisinya parah akan membuat rambut sulit untuk tumbuh.

5. Tidak Membilas Rambut dengan Air Dingin
Air panas atau hangat akan membuat batang rambut Anda kering. Akibatnya, rambut akan mudah patah dan rontok. Air panas juga akan membuat pori-pori kulit kepala Anda terlalu kering. Produksi minyak pun akan terganggu dan bisa merusak akar rambut Anda. Jika Anda memang mandi dengan air hangat atau keramas dengan air hangat, basuh kepala Anda dengan air dingin.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading