Sukses

Beauty

Awas, Kurang Tidur Bisa Jadi Pemicu Bunuh Diri

Ladies, istirahat yang paling baik adalah tidur, itulah alasan mengapa semua orang di dunia pasti membutuhkan waktu yang cukup untuk tidur setiap harinya. namun beberapa orang ada yang tidak memiliki waktu cukup untuk tidur, entah mengalami gangguan tidur atau karena sengaja tidak tidur, seperti misalnya begadang.

Hal ini sangat tidak baik untuk kesehatan. Seperti dikutip dari laman news.health.com, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kesulitan tidur dapat meningkatkan risiko bunuh diri pada orang dewasa dan yang lebih tua. Umumnya, masalah kurang tidur atau gangguan tidur akan membuat otak merasa kelelahan dan tidak bisa beristirahat dengan maksimal.

Hal ini akan memicu efek samping jangka panjang seperti adanya kerusakan secara perlahan jika gangguan tidur tidak diatasi. Tanda Anda kurang istirahat biasanya menjadi lekas marah dan ini bisa mengacu ke tingkat lebih parah yaitu depresi karena Anda mengalami tekanan setiap hari. Namun gangguan tidur bisa saja tidak menunjukkan gejala depresi dan Anda tetap berisiko ingin bunuh diri.

Gangguan tidur bisa termasuk kesulitan tidur atau insomnia, kurang tidur karena begadang, sleep apnea, mengalami kantuk di siang hari, dan lain sebagainya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa gangguan tidur merupakan salah satu faktor pemicu seseorang ingin bunuh diri karena kurang tidur bisa mempengaruhi kemampuan diri mengatur suasana hati.

Ketika kurang tidur, otak jadi lebih stress dan menyebabkan emosi negatif lebih intens dan bisa jadi lebih sensitif atau mudah tersinggung. Bahkan mereka yang melaporkan memiliki gangguan tidur memiliki 2 kali lipat risiko bunuh diri daripada mereka yang tidak memiliki gangguan tidur.

Jadi, sebaiknya jika Anda tidak memiliki gangguan tidur, bersyukurlah dan jangan sering membiasakan diri begadang. Untuk Anda yang memiliki gangguan tidur, sebaiknya segera konsultasi ke dokter agar bisa segera diatasi.

Sekarang Anda sudah tahu bukan bahwa tidur itu sangat penting. Jangan remehkan masalah tidur, bukan tidak mungkin Anda akan terserang berbagi penyakit hanya karena kurang tidur, dan bahkan berkeinginan bunuh diri.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading