Sukses

Beauty

Efek Samping Stres Pada Tubuh Dan Pikiran

Stres yang Anda alami dapat menyedot energi, semangat, dan juga gairah Anda. Stres sehari-hari dapat berdampak buruk pada tubuh dan pikiran Anda secara serius. Berikut beberapa efek samping dari stres yang mungkin Anda alami, seperti dilansir Womenshealthmag.com.

    Letih

    Kecemasan dan stres dapat mengganggu tidur dan istirahat Anda. Stres juga memicu produksi hormon kortisol yang juga disebut sebagai hormon stres yang sebenarnya membantu tubuh melawan stres. Tetapi dalam jangka panjang aau sering, jumlah cortisol akan menurun dan membuat otak dan tubuh menjadi lelah dan letih.

    Libido

    Stres kronis akan mempengaruhi produksi estrogen yang menjaga fungsi organ reproduksi agar tetap stabil. Saat produksi estrogen terganggu, libido Anda juga terkena imbasnya dan membuat anda tidak memiliki gairah seksual.

    Sembelit

    Ketidak seimbangan hormon yang disebabkan stres juga dapat membuat Anda susah buang air besar. Jika Anda mengalaminya, perbanyak konsumsi cairan, serat, gunakan obat pelancar buang air besar bila perlu.

    Berat badan

    Pada beberapa orang, stres mengakibatkan gangguan pola makan dan binge eating, yaitu makan secara berlebihan. Karena itu, stres dapat membuat berat badan Anda meningkat secara cepat.

    Rambut rontok

    Hormon Androgen membuat kulit Anda pecah-pecah dan rambut menjadi mudah patah dan rontok, tetapi keadaan ini bisa pulih dengan pola makan seimbang.

Meskipun stres tengah melanda pikiran Anda, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dan pola makan Anda, agar stres tak mendatangkan masalah yang lebih besar lagi.

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading