Sukses

Beauty

5 Alasan Kenapa Sesekali Kita Perlu Bermalas-Malasan

Ladies, kapan terakhir kali Anda bermalas-malasan atau setidaknya istirahat sejenak dari kesibukan Anda? Selama ini kita mungkin mendengar bahwa waktu yang ada ini harus kita gunakan seproduktif mungkin dan mengisinya dengan berbagai macam kesibukan yang padat. Tapi ternyata kita juga butuh waktu luang khusus untuk bersantai atau bermalas-malasan.

Lho kok perlu waktu bermalas-malasan? Simak lima alasan kenapa sesekali kita perlu waktu untuk bermalas-malasan seperti yang dilansir oleh mindbodygreen.com berikut ini.

    Melamun Bisa Merangsang Kreativitas

    Menurut Dr. Daniel J. Levitin, otak kita punya dua fungsi utama: melakukan suatu pekerjaan dan melamun. Dan otak kita perlu melakukan satu fungsi dalam satu waktu sementara kita butuh kedua fungsi tersebut untuk membuat otak tetap berfungsi dengan baik. Ketika kita melamun dan melepaskan semua beban pikiran, otak kita membuat berbagai koneksi dari informasi yang bisa dibilang acak dan bisa menemukan solusi-solusi kreatif. Itulah kenapa kadang kita bisa menemukan solusi suatu masalah ketika kita sedang duduk melamun atau sedang bersantai.

    Liburan Bisa Meningkatkan Evaluasi Kinerja

    Schwartz menuliskan sebuah studi tentang para pegawai Ernst and Young bahwa setiap 10 jam waktu liburan yang diambil para pegawai, evaluasi kinerja akhir tahun mereka meningkat sebanyak delapan persen. Waktu liburan yang diambil akan membuat otak terasa lebih segar dan ketika akhirnya kembali kerja, bisa lebih optimal dan terasa lebih ringan.

    Berlibur Seminggu Bisa Membantu Anda Menemukan Apa yang Anda Mau

    Ketika Anda sudah merasa kewalahan dengan semua tugas dan tanggung jawab, luangkan waktu satu minggu untuk liburan. Saat liburan, melepaskan diri dari kesibukan kerja, otak Anda akan menggiring Anda untuk memikirkan makna hidup dan tujuan hidup Anda yang sesungguhnya. Di saat Anda bersantai, Anda bisa lebih menganalisis berbagai hal yang menjadi penyebab kegagalan atau ketidakberhasilan Anda dalam melakukan sesuatu.

    Performa Atletik Meningkat

    Tony Schwartz dari Energy Project mengutip penelitian oleh Dr. Cheri D. Mah dari Stanford Sleep Disorders Clinic bahwa atlet bisa tampil baik dan memiliki suasana hati serta energi yang lebih baik ketika mendapatkan waktu tidur yang cukup (10 jam setiap malam selama enam minggu). Istirahat yang cukup pastinya bisa membantu Anda untuk menjaga kesehatan Anda.

    Memberikan Ruang untuk Kesehatan Mental dan Emosi

    Sering merasa tidak tenang atau malah semakin sering tersinggung dan marah? Itu tandanya Anda butuh waktu untuk bersantai sejenak, biarkan otot-otot tubuh Anda rileks dan otak untuk beristirahat.

Memberi kesempatan diri Anda untuk bermalas-malasan sejenak bukan berarti Anda membuang-buang waktu Anda. Justru di saat itu, Anda akan berusaha untuk menemukan kembali jalan yang harus Anda lalui dan menemukan keseimbangan hidup.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading