Sukses

Beauty

Bersyukur, Baik untuk Kesehatan Pikiran dan Jiwa Anda

Apabila saat ini Anda masih bisa bernapas, menikmati sinar matahari hari pagi, dan membaca tulisan ini, Anda sudah punya alasan untuk bersyukur. Sebagian orang merasa bahwa tak ada gunanya bersyukur padahal bersyukur bisa memberikan dampak yang besar dan positif untuk kesehatan pikiran dan jiwa. Dilansir dari the-open-mind.com, bersyukur setiap hari atau selalu berusaha untuk melihat sisi positif dari setiap hal yang ada di kehidupan ini bisa memberikan banyak perubahan besar dalam hidup kita. Apa sajakah manfaat besar dari bersyukur? Ini dia uraiannya.

  • Mengurangi gejala depresi dan rasa cemas.
  • Semakin meningkatnya rasa optimisme.
  • Menumbuhkan rasa percaya pada orang lain.
  • Mendapat kualitas tidur yang lebih baik.
  • Mengurangi risiko terkena gangguan makan.
  • Lebih mudah sembuh dari pengalaman stres atau trauma.
  • Tak mudah terpancing emosi saat mendapat kritik atau respon negatif dari orang lain.
  • Lebih mudah mendapat rasa puas dan bahagia dari hubungan yang sedang dijalin.


Secara garis besar, bersyukur bisa langsung mempengaruhi banyak aspek kehidupan yang berbeda-beda, termasuk kesehatan pikiran dan jiwa. Bersyukur bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, termasuk saat ini, detik ini juga. Anda tak perlu menunggu sesuatu yang bisa membuat Anda benar-benar bahagia baru bersyukur. Hal-hal sederhana seperti makanan yang baru Anda nikmati atau senyuman yang Anda dapat dari orang di sekitar Anda sudah bisa membuat Anda bersyukur.

Masih belum bisa bersyukur secara rutin setiap hari? Anda bisa coba mengikuti tips-tips berikut ini.

Membuat Jurnal Bersyukur
Di akhir hari atau akhir pekan, tuliskan lima hal yang membuat Anda bersyukur. Menuliskan hal-hal yang membuat Anda bersyukur akan menyadarkan Anda betapa berharganya hidup Anda. Selain itu Anda bisa juga membuat catatan atau kutipan yang bisa Anda tempel di tempat-tempat tertentu untuk bisa selalu mengingatkan Anda untuk selalu bersyukur.

Lakukan Sesuatu yang Baik untuk Orang Lain
Sebuah senyuman. Satu kalimat ucapan terima kasih. Atau sebuah pujian. Anda bisa melakukan satu hal yang bisa membuat orang lain bahagia. Membuat orang lain bahagia juga bisa langsung meningkatkan rasa bahagia Anda.

Pikirkan Apa yang Sedang Anda Pikirkan
Pikirkan apa yang saat ini sedang Anda pikirkan. Ya, Anda membacanya dengan benar dan itu bukan typo. Pikiran kita mempengaruhi mood atau suasana hati kita. Saat pikiran negatif melanda, cobalah untuk menyelaminya. Apa penyebab dari pikiran negatif itu? Apakah ada hal yang bisa Anda lakukan untuk mengenyahkan pikiran negatif tersebut? Menerima apa yang kita rasakan dan mencari tahu makna di dalamnya, dengan begitu Anda akan terdorong untuk senantiasa bersyukur.

Ladies, it's time for you to start expressing gratitude! Bersyukur, ini adalah hal yang sebenarnya sederhana dan bisa segera dilakukan. Bersyukurlah setiap hari dan Anda akan langsung mendapatkan energi positif darinya.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading