Hindari Kesalahan Ini Saat Merawat Rambut Bergelombang

Karla Farhana26 Nov 2018, 20:30 WIB
[Fimela] Rambut Bergelombang

Fimela.com, Jakarta Rambut bergelombang tidak sama dengan rambut keriting dan lurus. Berada di kedua tekstur tersebut, kadang agak sulit untuk menemukan rutinitas dan produk untuk si rambut bergelombang.     

     

Pasalnya, rambut bergelombang, tulis Elle, membutuhkan conditioner yang lebih banyak dibandingkan dengan rambut lurus. Namun, kamu yang memiliki tekstur rambut ini juga harus hati-hati. 

Karena kesalahan kecil saja bisa membuat curls/waves atau juga teksturnya menjadi lebih lurus. Atau juga, kesalahan memilih produk dan teknik pada saat styling juga bakal membuat rambut tersebut menjadi kusut. 

Agar tidak mengalami bad hair day sepanjang hari, lebih baik hindari beberapa kesalahan yang membuat rambutmu kusut. Berikut 2 kesalahan paling umum dilansir dari Naturally Curly. 

Kurang atau Terlalu Banyak Conditioner

Miliki Rambut Bergelombang Sempurna dengan Cara Ini
Ilustrasi Rambut bergelombang. (fakt.pl).

Rambut bergelombang yang natural biasanya cenderung kering dan mudah kusut. Tapi, jangan sampai terlalu banyak saat mengaplikasikan conditioner. Pasalnya, jika conditioner terlalu banyak atau berat, wave pattern akan menjadi lurus atau istilahnya weighs down. 

Karena itu, pilih conditioner yang ringan dan jangan mengaplikasikannya terlalu banyak. Satu lagi tipnya, agar rambut tidak terlihat lepek, hindari mengaplikasikan conditioner dan minyak pada bagian atas rambut. Sebaiknya, aplikasikan dari bagian tengah batang dan fokus pada ujung rambut. 

Tidak Menggunakan Masker Rambut Secara Rutin

[Bintang] Masker Murah untuk Rambut Makin Berkilau
Masker alpukat untuk rambut. | via: istimewa

Semua jenis tekstur rambut wajib untuk merawat kesehatan dengan menggunakan masker rambut. Namun, seberapa sering kamu harus menjalani perawatan ini? 

Naturally Curly menulis, jawabannya tergantung dari jenis rambutmu. Jika cenderung kering, sebaiknya lakukan 3 minggu-1 bulan sekali. Namun, jika kondisi rambut sudah rusak parah akibat terlalu banyak menggunakan catokan, kamu bisa melakukannya lebih sering. 

Lanjutkan Membaca ↓