Sukses

Beauty

Waspada Alzheimer, Yuk Cegah Risiko Serangan Demensia Sejak Dini

Ladies, tahukah Anda bahwa demensia merupakan penyakit yang dapat membuat otak mengalami penurunan fungsi? Demensia merupakan penurunan fungsi otak yang bisa terjadi pada siapa pun tanpa terkecuali. Akan tetapi itu semua bisa Anda cegah sejak dini.

Sebanyak 60 hingga 70 persen kasus demensia merupakan penyakit Alzheimer dan pikun. Alzheimer tidak datang secara tiba-tiba saat lanjut usia, melainkan muncul akibat berbagai aktivitas yang dilakukan dan tidak dilakukan saat usia muda. Matinya sel otak yang menyebabkan Alzheimer mulai terjadi sejak usia muda, bisa mencapai 20 tahun sebelum terserang Alzheimer. Namun Alzheimer bukan penyakit menurun.

Copyright by Vemale.com

Penyakit umum seperti jantung, kanker atau gagal ginjal bahkan diabetes adalah beberapa masalah kesehatan yang ditakuti oleh banyak orang, terutama bagi mereka yang lanjut usia. Namun masih banyak yang tidak menyadari bahwa penyakit demensia atau hilang ingatan ini merupakan salah satu jenis penyakit kronis yang harus Anda waspadai juga.

“Demensia merupakan penurunan fungsi otak yang bisa terjadi pada siapa pun tanpa terkecuali. Sebanyak 60 hingga 70 persen kasus demensia merupakan penyakit Alzheimer atau pikun," ujar DY Suharya selaku Executive Director Alzheimer's Indonesia pada diskusi dan konferensi pers bertajuk Demensia Bisakah Kita Kurangi Bahayanya? di Erasmus Huis, Jakarta Rabu 10 September 2014 lalu.

Copyright by vemale.com

Selain itu, penelitian WHO terbaru menunjukkan bahwa perokok mempunyai resiko 45 persen lebih tinggi terserang kepikunan, dibanding orang yang tidak merokok. Diperkirakan 14 persen penderita Alzheimer disebabkan oleh rokok. Tetapi dijelaskan pula oleh WHO bahwa perokok yang pasif pun dapat terserang penyakit ini.

Menurut Executive Director Alzheimer’s Indonesia DY Suharya, penurunan fungsional otak yang tidak dapat dihindarkan, namun risikonya dapat dikurangi dengan deteksi dini melalui berbagai aktivitas yang merangsang otak.

“Olahraga 150 menit per minggu, makan sayur dan buah setiap hari bisa mengurangi resiko terserang Alzheimer,” jelas DY Suharya.

Copyright by Vemale.com

Alzheimer's Indonesia sendiri merupakan organisasi non-profit yang dibangun dengan tujuan membantu dan meningkatkan kualitas hidup para penderita Alzheimer dengan memberikan program-program yang bagus untuk penderita.

Nah Ladies, sudahkah Anda mengerti akan bahaya Alzheimer? Tak perlu khawatir ya, karena Anda bisa mengurangi risikonya sejak dini seperti yang disampaikan oleh DY Suharya atau bisa Anda terapkan untuk orang tua Anda . Enjoy your life!

(vem/yun/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading