Nyeri Osteoarthritis? Yuk Minum Susu Ladies

Fimela28 Sep 2014, 09:00 WIB
Copyright by shutterstock.com

Ladies, penyakit arthritis bisa sangat menyiksa ketika sedang menyerang. Arthritis menyerang persendian dan menyebabkan nyeri atau ngilu luar biasa pada bagian tulang dan persendian. Hal ini bahkan bisa saja berlangsung lama dan mengganggu aktivitas. Meski memang seringkali menyerang orang tua, namun tidak menutup kemungkinan Anda yang masih muda juga terserang penyakit ini.

Osteoarthritis diketahui lebih sering menyerang wanita daripada pria pada usia 25 tahun ke atas dan lebih nyeri pada wanita daripada pria. Nah, jika ingin meredakan nyeri sendi karena arthritis, seperti dikutip dari news.health.com, Anda bisa minum susu.

Semakin banyak susu rendah lemak atau bahkan non-fat yang diminum seorang wanita, semakin kecil perkembangan osteroarthritis yang diderita pada lutut. Namun sayangnya, menurut penelitian yang ditemukan  U.S. National Heart, Lung, and Blood Institute, hal ini tidak memberikan dampak yang sama terhadap pria.

Penelitian telah dilakukan pada 1.260 wanita yang diberikan susu setiap hari dalam kurun waktu 12, 24, 36, dan 48 bulan untuk melihat hasilnya, dan memang susu rendah lemak atau tanpa lemak bisa sangat membantu mengurangi nyeri arthrritis dan memperlambat perkembangan arthritis dengan sangat baik pada wanita.

Hal ini juga tidak berdampak sama jika Anda mengonsumsi produk olahan susu seperti berupa keju Ladies. Makan keju justru berpengaruh sebaliknya, semakin mempercepat perkembangan osteoarthritis lutut pada wanita. Sedangkan untuk yogurt, yang juga terbuat dari susu, meskipun Anda minum atau makan banyak yogurt, tidak ada efek apa pun terhadap arthrtis lutut yang diderita wanita maupun pria.

Pada dasarnya, susu memang memiliki peran penting dalam kesehatan tulang dan memiliki banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tulang, seperti kalsium, fosfor, protein, dan vitamin D. Jadi tidak heran jika susu memberikan efek sangat baik meredakan nyeri osteoarthritis.
 
Hal ini juga perlu ditekankan bahwa konsumsi susu harus yang low-fat atau non-fat, bukan susu full cream, untuk bisa mencegah perkembangan arthritis. Meski penelitian masih perlu dilakukan lebih lanjut, namun peneliti yakin bahwa peran hormon estrogen pada tulang wanita sangat berpengaruh terhadap efek susu terhadap penyakit osteoarthritis. Itu juga yang menyebabkan susu tidak banyak berpengaruh terhadap arthritis pria.
 
Jadi, jika Anda ingin bebas nyeri osteoarthritis, minum susu low-fat atau non-fat segelas per hari mulai sekarang ya Ladies.

(vem/feb)