Layar Smartphone Selalu Menemani Anda Bekerja? Hati-Hati...

Fimela29 Sep 2014, 12:36 WIB
Foto: copyright Thinkstockphotos.com

Anda termasuk seorang multitasker yang sering bekerja pada beberapa layar sekaligus? Sepertinya Anda harus berhati-hati, Ladies. Bekerja atau meraktivitas dengan dua layar sekaligus, seperti menonton televisi sambil mengecek email di laptop atau smartphone, bekerja di depan komputer sambil sibuk membalas obrolan di smartphone ternyata dapat menimbulkan efek negatif pada otak Anda.

Menggunakan banyak layar sekaligus dapat mengubah struktur otak, dalam arti negatif. Dilansir Womenshealthmag.com, peneliti mengemukakan, seseorang yang sering menggunakan banyak layar sekaligus salah satu bagian pada otaknya, yaitu Anterior Cingulate Cortex memiliki ukuran lebih kecil dari ukuran normal. ACC merupakan lokasi di mana berbagai informasi diproses. Bagian ini juga berfungsi dalam pembentukan keputusan, dan emosi.[quote]

Keberadaan smartphone memang mengubah sebagian besar cara kita memandang dunia. Setiap teknologi baru di dalamnya mengubah sebagian cara berpikir dan bertindak kita. Otak menyesuaikan kebiasaan kita menggunakan aneka aplikasi dan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh smartphone.

Dan ternyata tidak hanya cara kerja otak yang berubah, sering melakukan mutitasking dengan gadget Anda dapat mengubah struktur otak secara permanen. So, Ladies, jangan terlalu bergantung pada smartphone dan mengeceknya setiap beberapa saat. Layar-layar itu dapat mempengaruhi hubungan sosial, keahlian komunikasi, hingga mood Anda. Sesekali berilah jatah libur pada smartphone, gadget, dan otak Anda.

(vem/cha)