Cukup Lari 5 Menit Sehari, Dapatkan 5 Manfaat Besarnya

Fimela29 Sep 2014, 12:50 WIB
Foto: copyright thinkstockphotos.com

Ladies, apa yang membuat kita sering merasa malas untuk berolahraga? Ternyata, disadari atau tidak, meluangkan waktu yang lama untuk olahraga sering membuat kita merasa ogahan untuk olahraga. Serasa jadi beban jika kita harus melakukan olahraga dalam sekian waktu tertentu. Tapi tenang saja, Anda pun cukup meluangkan waktu lima menit saja untuk mendapatkan manfaat olahraga yang besar.

Seperti yang dilansir oleh lifehack.org, dengan melakukan olahraga lari selama lima menit sehari, kita bisa mendapatkan lima manfaat besarnya. Manfaat tersebut tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh tetapi juga untuk kesehatan pikiran.

1. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Kardiovaskular
Penyakit kardiovaskular adalah salah satu penyakit yang banyak menyebabkan kematian di Amerika Serikat. Dan melakukan olahraga ringan selama lima menit sehari bisa mengurangi risiko kita terkena penyakit kardiovaskular sebesar 50 persen.

Sebuah penelitian yang mengkaitkan kegiatan lari dalam waktu luang dan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular, dipublikasikan oleh American College of Cardiology yang meneliti lebih dari 55.000 orang dewasa dan mengamati kebiasaan olahraganya selama lebih dari 15 tahun, menemukan bahwa orang-orang yang mau sedikit saja lebih aktif bisa memiliki jantung dan paru-paru yang lebih kuat.


2. Hidup Tiga Tahun Lebih Lama
Selain mengurangi risiko kematian, olahraga lari juga bisa memperpanjang hidup Anda. Dalam penelitian yang sama yang dipublikasikan oleh American College of Cardiology, dari 55.000 orang, kelompok orang yang berolahraga secara teratur bisa memiliki rata-rata hidup tiga tahun lebih lama.

Bahkan orang-orang yang olahraga kurang dari 51 menit saja per minggu bisa memiliki risiko kematian akibat penyakit lebih sedikit dibandingkan orang-orang yang tidak olahraga sama sekali dalam satu minggu. Dengan kata lain, olahraga minimal lima menit saja per hari bisa membuat Anda memiliki peluang untuk mendapatkan hidup yang lebih panjang.

3. Meningkatkan Suasana Hati (Mood)
Olahraga lari baik untuk tubuh sekaligus untuk kondisi mental kita. Apabila Anda ingin meningkatkan suasana hati Anda atau mendapatkan mood yang lebih baik, Anda bisa langsung melakukan olahraga lari. Punya masalah sering merasa malas melakukan kegiatan harian? Luangkan waktu lima menit untuk olahraga lari setiap pagi.

4. Meningkatkan Fungsi Mental
Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Psychiatry berjudul "Running to catch up: rapid generation of evidence for interventions in learning disability services" menyimpulkan bahwa olahraga bisa meningkatkan fungsi mental. Sehingga olahraga pun bisa membantu kita untuk tetap menjaga kemampuan kita untuk terus mencerna dan mempelajari hal-hal baru

Saat ini bahkan sudah ada beberapa sekolah yang mengadopsi program olahraga pagi hari. Hal ini karena olahraga pagi ternyata bisa meningkatkan kemampuan anak-anak untuk belajar.

5. Menjaga Kondisi Tekanan Darah
Berolahraga secara teratur bisa meningkatkan tekanan darah. Para peneliti telah mempublikasikan sebuah penelitian "aerobic interval training reducing blood pressure and improving myocardial function in hypertensive patients" yang diterbitkan oleh European Journal of Preventative Cardiology. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa semakin sering kita berolahraga, maka tekanan darah dapat terjaga dengan lebih baik. Saat tekanan darah dalam kondisi yang stabil, maka risiko terkena serangan jantung dan stroke pun berkurang.

Yuk, kita mulai rutin lagi berolahraga. Setidaknya luangkan waktu lima menit saja untuk olahraga lagi. Kalau tubuh sehat, maka kita pun bisa lebih baik lagi mengisi waktu dan menikmati hidup kan?
(vem/nda)