Sukses

Beauty

Terserang Multiple Sclerosis? Jaga Kesehatan Tulang Dengan Ini

Meski memang penyakit multiple sclerosis ini menyerang sistem syaraf otak, namun ternyata juga memiliki dampak terhadap kesehatan bagian tubuh lain, yaitu tulang. Jika Anda terserang multiple sclerosis, Anda memiliki potensi meningkatkan risiko osteoporosis dan berbagai macam penyakit tulang lain.

Penyakit multiple sclerosis atau disingkat dengan MS ini bisa membuat Anda kehilangan keseimbangan dan mengalami kelumpuhan koordinasi otot serta membuat Anda mudah lelah sehingga membuat Anda sulit melakukan berbagai macam aktivitas. Dengan ini, jika Anda terkena osteoporosis, keadaan menjadi lebih parah.

Jadi, menurut www.everydayhealth.com, Anda harus menjaga kesehatan tulang dengan mengonsumsi beberapa nutrisi berikut ini,

    Vitamin D

    Memeriksakan keadaan dan level vitamin D dalam tubuh Anda adalah hal yang penting dilakukan. Vitamin D merupakan salah satu unsur pendukung tulang karena membantu penyerapan kalsium untuk tulang dan memperkuat otot. Jika Anda terserang MS, maka segera periksakan level vitamin D.

    Menjaga berat badan

    Berat badan adalah salah satu hal yang juga perlu diperhatikan, karena ketika MS menyerang, maka Anda akan sulit bergerak dan tubuh seakan terasa lebih berat dari sebelumnya. untuk mempermudah pergerakan, maka Anda butuh menurunkan berat badan jika dalam keadaan kegemukan.

    Olahraga seperti jogging, berjalan santai, atau menaiki tangga akan melatih kekuatan otot, tulang dan tubuh secara bersamaan serta mampu membantu penurunan berat badan. Tentu saja akan sulit melakukan olahraga sendiri, namun biasanya akan ada terapi untuk membiasakan diri segera setelah Anda terserang MS.

    Ketahui pengaruh steroid

    Jika Anda mengalami kejang, maka dokter mungkin akan meresepkan obat steroid untuk membantu meringankan gejala. Namun obat ini bisa sangat buruk untuk tulang karena bisa menghambat metabolisme kalsium dan vitamin D yang dibutuhkan tulang. Jika obat steroid menghambat dua bahan yang dibutuhkan tulang tersebut, Anda bisa berisiko keropos tulang.

Namun jangan memutuskan sendiri untuk tidak mengonsumsi obat yang telah diresepkan dokter, Ladies. Anda harus menanyakan apakah itu cukup aman dikonsumsi, berapa lama Anda harus mengonsumsi obat tersebut dan perlukan Anda minum suplemen vitamin D untuk mencegah efek pada tulang.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading