Awas, Kurang Sosialisasi Bisa Picu Alzheimer

Fimela08 Okt 2014, 15:30 WIB
Copyright by shutterstock.com

Penyakit jaman sekarang semakin bervariasi saja, Ladies. Bukan hanya penyakit fisik saja, penyakit mental juga sudah mulai ada yang aneh-aneh. banyak pula penyakit yang menyerang otak dan membuat sebagian besar orang khawatir, salah satunya adalah Alzheimer. Kebanyakan penyakit ini memang sering menyerang orangtua, namun tidak menutup kemungkinan Anda yang masih muda juga mengalaminya.

Menurut www.everydayhealth.com, penelitian baru menunjukkan bahwa perempuan yang sering mengkhawatirkan sesuatu, lebih cemas dan kurang bersosialisasi di usia pertengahan memiliki risiko lebih tinggi terkena Alzheimer di hari tua mereka. Penelitian menemukan bahwa tipe kepribadian tertentu ternyata juga mempengaruhi risiko seseorang mengidap Alzheimer di kemudian hari.

Para peneliti di Swedia dan Amerika Serikat menemukan bahwa wanita yang memiliki tingkat stress emosional yang tinggi dan kurang ramah ketika mencapai usia pertengahan bisa meningkatkan potensi hingga 2,5 kali lipat lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit Alzheimer. Potensi ini akan tinggi seiring bertambahnya usia mereka.

Bahkan seorang peneliti juga menyetujui bahwa kepribadian seseorang atau sikapnya terhadap orang lain ternyata memang bisa mempengaruhi potensi seseorang mengidap Alzheimer di kemudian hari. Hal ini tidak selalu terikat gen, dan orang yang terpengaruhi lingkungan dan menjadi tertutup dan tidak ramah kepada orang juga bisa memiliki potensi yang sama terserang Alzheimer. Hal ini mungkin disebabkan oleh tingkat endorphin dalam otak yang kurang sehingga membuat orang berisiko Alzheimer.

Hampir dua pertiga dari orang-orang yang menderita penyakit Alzheimer adalah perempuan. Gejala penyakit ini termasuk kehilangan memori, bermasalah dengan kata-kata, dan kehilangan kemampuan penilaian yang baik atau koordinasi tubuh yang tidak baik. Hal ini memang masih perlu penelitian lebih lanjut, namun tingkat stress dan sikap isolasi diri serta sikap sinis dan tidak ramah menjadi salah satu yang bisa memicu terjadinya serangan pada syaraf otak ini.

Nah, jadi jika Anda merasa kurang bersosialisasi dan kurang ramah terhadap orang di sekitar Anda, cobalah mengubahnya Ladies.

(vem/feb)