Sukses

Beauty

Pisang VS Telur, Mana Makanan Diet yang Paling Baik?

Jika Anda sedang menjalankan diet atau program penurunan berat badan, atau memang hanya ingin menjadikan hidup lebih sehat, maka Anda pasti mengenal makanan seperti pisang dan telur untuk dimasukkan dalam menu makanan Anda tiap hari atau minggu kan?

Jika Anda sering membaca saran diet yang baik dan pemilihan makanan terbaik untuk diet, maka dua macam makanan tersebut tidak akan ketinggalan disebut dalam daftar makanan baik yang harus dikonsumsi karena kandungan nutrisinya yang akan membuat Anda mudah kenyang dan membantu menghilangkan selera makan berlebih.

Namun jika harus dibandingkan, maka yang lebih baik antara pisang dan telur? Seperti dikutip dari healthmeup.com, ini dia perbandingan kandungan nutrisi, manfaat dan kemungkinannya dalam membantu menurunkan berat badan.

(vem/feb)

Pisang

Pisang mengandung pectin, senyawa yang membuat Anda merasa kenyang dalam waktu lama. Ini membuat pisang ideal untuk makanan penurun berat badan. Kecuali jika Anda makan pisang berlebihan tanpa diimbangi dengan olahraga yang membuat Anda tidak kunjung kurus dan malah menyebabkan kenaikan berat badan.

Makan pisang tetap mengandung kalori, jadi perlu dibakar untuk bisa mengimbangi rencana penurunan berat badan. Karbohidrat dalam pisang mudah dikonsumsi namun jika berlebihan memang tetap akan menumpuk dan jadi lemak di tubuh. Jadi, makan dengan porsi sedang untuk buah pisang, paling banyak 3 buah dalam sehari.

Manfaat kesehatan pisang

1. Pisang kaya serat, vitamin C, potasium, mangan, vitamin B6 dan asam amino esensial yang dibutuhkan untuk menjaga pencernaan lancar, mencegah konstipasi, kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan.

2. Membantu menurunkan depresi dan stres karena mengandung trypthophan, zat besi akan membantu mencegah anemia dan kelelahan berlebihan, terutama setelah olahraga. Karena kaya serat, pisang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah penyakit kardiovaskuler.

Telur

Menurut penelitian oleh Harvard School of Public Health, tidak ada bukti bahwa makan banyak telur bisa menyebabkan penyakit jantung. Namun memang untuk Anda yang sudah menderita kolesterol tinggi, konsumsi telur sebaiknya dibatasi atau hindari makan kuning telur. Sebaliknya, telur dapat menghambat penyumbatan darah, mencegah stroke dan serangan jantung.

Seperti yang Anda ketahui bahwa kuning telur sebaiknya dibatasi untuk penderita kolesterol tinggi, karena kuning telur mengandung 3 kali lipat jumlah kalori dibandingkan putih telur. Jadi perbanyak konsumsi putih telur jika ingin menurunkan berat badan.

Manfaat kesehatan telur

1. Mengandung vitamin, mineral, lemak dan kolesterol baik, di mana kedua kandungan tersebut dibutuhkan untuk kesehatan dan ketajaman penglihatan. Telur bahkan juga bisa menurunkan risiko gangguan degenerasi makula pada mata.

2. Kolin dalam telur bisa menjaga fungsi sistem syaraf pusat, otak dan sistem kardiovaskuler. Telur mengandung banyak vitamin D yang baik untuk organ tubuh, dan bahkan bisa mencegah kanker payudara. Anda bahkan bisa memanfaatkannya saat mentah untuk kesehatan kulit dan rambut.

Jadi, baik pisang dan telur memiliki perannya sendiri dalam tubuh. Keduanya sangat baik dan perlu dikonsumsi jika Anda menerapkan diet.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading