Sukses

Beauty

Tips Memilih Pembalut Yang Aman dan Nyaman Untuk Organ Intim

Saat Anda mengalami menstruasi, tentunya Anda ingin memastikan bahwa pembalut yang Anda pakai dapat menyerap dengan sempurna dan tidak terjadi kebocoran. Pembalut yang Anda gunakan haruslah nyaman tanpa menimbulkan keluhan gatal dan iritasi pada area sekitar genital.

Berikut akan dijelaskan lebih lanjut mengenai tiga hal penting yang perlu  Anda pertimbangkan saat memilih pembalut yang tepat oleh dr. Nina Amelia Gunawan dari MeetDoctor.

    Penyerapan sempurna

    Salah satu ciri pembalut yang baik adalah kemampuannya untuk menyerap darah dalam volume besar secepat mungkin. Darah yang diserap sebaiknya dapat diserap dan dikunci pada area tengah pembalut sehingga resiko terjadinya kebocoran samping dapat diperkecil.

    Kapasitas pembalut sesuai volume darah menstruasi

    Darah yang keluar saat menstruasi umumnya akan mengalir deras pada awal menstruasi, jadi sangatlah penting untuk memilih pembalut yang dapat menyerap darah tersebut dengan cepat dan efektif.

    Berdasarkan waktu penggunaannya, pembalut dapat dikelompokkan menjadi 2 yaitu penggunaan Siang dan Malam. Pembalut yang digunakan pada siang hari berukuran lebih pendek, antara 17-25 cm. Sementara pembalut yang digunakan pada malam hari biasanya memiliki panjang lebih dari 35 cm dan dilengkapi dengan fitur lainnya seperti pelindung belakang dan samping.

    Bahan pembalut

    Setiap individu memiliki sensitivitas kulit yang berbeda. Pada saat mengenakan pembalut, kelembapan kulit akan meningkat hingga 85% atau lebih sehingga kulit akan terasa lembap, basah, dan sangat sensitive. Terlebih lagi, darah menstruasi akan cenderung menempel pada kulit dan memberikan sensasi lengket saat hari-hari pertama menstruasi.

    Sebaliknya saat aliran darah menstruasi sedikit, kelembapan kulit akan berkurang namun gesekan terus menerus pada kulit akan menyebabkan iritasi, kemerahan, dan gatal. Hal ini dapat dihindari dengan penggunaan pembalut berbahan dasar kapas (cotton).

Nah, itu dia tiga poin penting yang perlu diperhatikan Ladies. Pastikan memilih pembalut sesuai kebutuhan dan yang aman ya.

Sumber: MeetDoctor

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading