Sukses

Beauty

10 Titik di Wajah Mencerminkan Kondisi Kesehatan, Ayo Cek Kesehatan Anda!

Apakah yang wajah Anda katakan tentang kesehatan Anda? Ada anggapan yang mengatakan bahwa  menghabiskan banyak waktu di cermin, adalah salah satu tanda bahwa kita narsis. Namun, penelitian menunjukkan bahwa kita dapat mengamati wajah untuk mengetahui kesehatan kita.

Berikut beberapa hal yang bisa kita amati, saat melihat wajah kita di cermin, seperti dilansir dari ninemsn.com.

    Mata Merah

    Mata merah bisa menjadi tanda bahwa Anda menderita kelelahan. Dalam hal ini, Anda hanya perlu beristirahat. Kemerahan juga bisa terjadi saat Anda demam atau alergi. Jika sakit parah di salah satu sisi mata, bisa jadi Anda mengalami glaukoma, yang menyebabkan tekanan pada mata. Jika hal ini terjadi, Anda harus segera mengunjungi dokter.

    Pipi Bengkak

    Bengkak pada pipi yang ringan, bisa disebabkan oleh kebanyakan mengkonsumsi karbohidrat saat makan malam, namun, bengkak yang parah bisa jadi karena Anda kekurangan hormon tiroksin. Bengkak juga bisa menunjukkan kondisi seperti gejala sinusitis atau konjungtivitis.

    Jerawat

    Jerawat di usia dewasa, bisa berarti Anda memiliki sindrom polikistik ovarium (PCOS), suatu kondisi hormonal yang mempengaruhi sekitar 18 persen wanita. Penderita biasanya memiliki kista di sekitar tepi indung telur mereka, dan gejalanya termasuk menstruasi yang tidak teratur, berat badan, pertumbuhan rambut yang berlebihan dan, tentu saja, jerawat.

    Mata Bengkak

    Ketika area bawah mata menjadi bengkak, respon kita biasanya akan menerapkan irisan mentimun atau kantong teh dingin. Kantung mata bagian bawah yang membengkak, biasanya menandakan ginjal yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Ginjal menjaga Anda tetap sehat dengan membuang limbah dan cairan dari tubuh serta melepaskan hormon, untuk mengatur tekanan darah dan membuat sel-sel darah merah. Jika ginjal tidak dapat melakukan hal ini dengan benar, maka dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, anemia, tulang lemah dan kerusakan syaraf. Gejala lain yang harus diwaspadai termasuk kelelahan, kurang nafsu makan, insomnia, kram otot pada malam hari, kaki bengkak, kulit kering dan buang air kecil lebih sering.

    Hidung Merah

    Hidung merah bisa menjadi tanda bahwa Anda terlalu banyak minum minuman keras. Alkohol melebarkan pembuluh darah kecil, yang mengarah ke penumpukan darah di dekat permukaan hidung dan membuatnya tampak merah. Kemerahan pada hidung, juga bisa diakibatkan oleh kondisi lupus autoimun, yang menyebabkan kelelahan dan nyeri sendi serta ruam yang biasanya muncul di batang hidung. Tekanan darah tinggi, dalam beberapa kasus menyebabkan kemerahan pada kulit tipis di wajah, termasuk hidung.

    Kulit Kering

    Terkadang, kulit kering di wajah Anda membutuhkan lebih dari sekedar pelembab mahal. Serbuk sari, polusi, tungau debu, bulu hewan, sabun, faktor hormonal dan makanan tertentu semua bisa memicu terjadinya kulit kering, dan masalah kulit lainnya.

    Cincin Sekitar Iris Mata

    Tumpukan lemak di sekitar mata, bisa berarti Anda memiliki kolesterol tinggi, suatu kondisi yang harus Anda cermati dan segera cek ke dokter. Penyakit tiroid, kelebihan garam dalam tubuh, penyakit diabetes dan hati juga ditandai dengan kelebihan lemak di bagian cincin mata.

    Gusi Bengkak

    Penyakit gusi, atau periodontitis, terjadi ketika gigi tidak dibersihkan dengan cukup. Gusi bengkak, merah atau berdarah dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke akibat penumpukan plak dalam aliran darah.

    Bibir Pecah-Pecah

    Bibir pecah-pecah adalah tanda Anda mengalami kekurangan zat besi. Tubuh Anda membutuhkan zat besi untuk memproduksi sel-sel darah merah, dan jika kekurangan dapat menyebabkan anemia. Lakukan diet seimbang, dan konsumsi suplemen zat besi, untuk mengatasinya.

    Rambut Rapuh

    Rambut rapuh, bisa disebabkan oleh timbulnya stres. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Archives of Dermatology pada tahun 2001, menemukan bahwa stres psikologis memainkan peran penting dalam gangguan kulit dan rambut. Kondisi gizi buruk, gangguan makan seperti bulimia dan anoreksia, juga sering menyebabkan kerapuhan rambut.

Kalau Anda, bagaimana kondisi kesehatan Anda, Ladies?

(vem/chi)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading