Sukses

Beauty

Susah Buang Air Besar? Jangan Khawatir, Berikut Makanan Yang Bisa Melancarkannya

Berbicara mengenai buang air besar yang sehat, pada umumnya buang air ini terjadi dalam waktu yang teratur. Misalnya saja setiap pagi atau setiap sore. Meski begitu, rupanya masih ada banyak orang yang mengalami masalah dengan waktu buang air besar. Ada beberapa orang yang kesusahan untuk buang air besar pada waktu yang teratur. Dokter Molly Morgan, RD CDN CSSD, seorang penulis sekaligus ahli kesehatan pencernaan mengungkapkan jika kemungkinan besar penyebab susahnya seseorang untuk buah air besar teratur adalah kurangnya konsumsi serat.

Walau begitu kamu tak perlu khawatir Ladies. Dikutip dari laman prevention.com, ada beberapa makanan yang bisa melancarkan buang air besar dan membuat sistem pencernaan kamu lebih sehat. Apa saja makanan tersebut? Berikut ulasannya.

    Buah Jeruk

    Siapa yang tak suka dengan buah jeruk. Rasanya yang enak dan aromanya yang harum menjadikan buah satu ini sebagai salah satu buah favorit. Dan ternyata, buah yang kaya akan vitamin C ini sangat baik untuk melancarkan buang air besar. Jika kamu mengalami masalah berupa kesusahan buang air besar, jangan lupa untuk mengatasinya dengan konsumsi buah jeruk ya Ladies.

    Air Putih

    Selanjutnya, yang bisa melancarkan buang air besar adalah air. Karena itulah, tidak heran jika setiap orang disarankan untuk minum air putih cukup setiap harinya paling tidak 8 gelas perhari. Morgan mengatakan jika seseorang kekurangan konsumsi air, hal ini akan menyebabkan sembelit lebih mudah. Agar sembelit tidak menyerang kamu, usahakan untuk minum air cukup setiap hari ya.

    Kacang Almond

    Agar proses buang air besar lancar, makanan yang perlu kamu konsumsi selanjutnya adalah kacang almond. Morgan mengungkapkan jika konsumsi kacang almond 1 ons setiap hari akan membuat kamu lebih mudah untuk buang air besar dan sistem pencernaan kamu juga akan lebih sehat.

    Sayuran Hijau

    Makanan selanjutnya yang bisa membuat sistem pencernaan lancar dan buang air besar bisa lebih teratur adalah makanan hijau. Dengan konsumsi makanan hijau setiap hari dalam porsi yang pas, dipastikan kamu akan lebih sehat, buang air besar lebih teratur dan lancar serta kamu lebih bersemangat.


Ladies, itulah beberapa makanan yang bisa membuat proses buang air besar kamu lancar. Selain makanan di atas, makanan lain yang juga akan melancarkan buang air besar adalah teh, kopi, dedak gandum, susu (olahannya) dan buah-buahan segar. Semoga informasi ini bermanfaat ya. Jangan lupa untuk olahraga teratur dan istirahat cukup setiap hari.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading