Sukses

Beauty

Ingin Terlihat Lebih Gemuk? Cara Menambah Berat Badan dengan Sehat Ini Bisa Banget Membantumu

Saat banyak wanita sibuk mencari cara untuk menurunkan berat badan agar terlihat kurus dan cocok memakai style apapun, ada juga sebagian kecil wanita yang rela melakukan berbagai cara agar terlihat gemuk, karena menganggap tubuh mereka terlalu kurus. Style kadang bukanlah satu-satunya alasan kenapa wanita rela menambah berat badannya, melainkan kesehatan. Ya.

Seperti dikutip dari laman greatist.com, memiliki berat badan yang underweight (sama halnya dengan overweight) memang membuat kita menjadi rentan terhadap penyakit tertentu. Memiliki berat badan yang sangat kurang (jauh di bawah BMI) biasanya selalu dihubungkan dengan efek negatif kesehatan seperti kekurangan energi, malnutrisi, sistem imun yang lemah, osteoporosis, dan, pada wanita, gangguan menstruasi serta komplikasi kehamilan.

Oleh sebab itu, orang yang memiliki berat badan kurang biasanya akan dianjurkan untuk menambah berat badannya demi alasan kesehatan. Nah, jika kamu memiliki masalah yang sama, tips menambah berat badan dengan sehat berikut ini akan membantumu.

    Susun Food Diary-mu

    Jika kamu ingin menambah berat badan, lakukan secara bertahap. Sebab, pertambahan berat yang sekaligus dalam waktu yang singkat justru tak baik bagi kesehatan. Nah, untuk menjaga berat badan agar naik secara bertahap, susunlah food diary untuk mencatat apa dan kapan kamu makan. Lakukanlah evaluasi setiap 2 minggu sekali, untuk mengecek apakah menu makan yang kamu makan selama 2 minggu ini berhasil menambah berat badanmu?

    Tambah Kalori

    Cobalah untuk menambah 200 kaloriĀ  per hari di awal rencana menambah berat badan. Later on, kamu bisa menyesuaikannya dengan menambah atau menguranginya sendiri.

    Kualitas, Bukan Kuantitas

    Meskipun kamu sedang dalam usaha untuk menambah berat badan, mengonsumsi makanan-makanan sampah (junkfood) seperti hamburger, chips, soda, milkshakes setiap hari is a No No! Junkfood memang cepat dalam menambah berat badan, tapi efek kesehatan yang ditimbulkan juga pasti tidak menyenangkan jika dikonsumsi terlalu sering. Daripada memilih junkfood, sebaiknya pilih makanan yang kaya nutrisi dari berbagai jenis makanan, termasuk whole-wheat, buah dan sayur, kacang-kacangan, dan lauk pauk sumber protein.

    Makan Lebih Sering

    Mungkin kamu akan merasa mudah sekali kenyang setelah satu kali makan (karena penambahan kalori dalam menu makanan). Perubahan menu ini juga mungkin akan membawa dampak kembung atau begah karena perut terlalu penuh. Meski demikian, pastikan bahwa kamu tidak melewatkan jam makan! Jika kamu takut kekenyangan, cobalah untuk membagi kalori intake mu ke dalam beberapa jam makan. Makan dengan porsi kecil dengan frekuensi makan yang lebih sering akan membantumu menghindari kondisi perut yang kaget karena penambahan jumlah kalori dalam menu makanmu.

    Olahraga

    Baik itu program diet atau menambah berat badan, olahraga tetap penting untuk dilakukan. Olahraga berfungsi untuk menjaga agar tubuh tetap fit saat kamu melakukan program pertambahan berat badan dan juga membantumu mengontrol pertambahan berat badan secara bertahap. Pilihlah olahraga cardio yang tidak terlalu berat seperti jogging atau bersepeda santai.

Nah, itulah beberapa tips untuk menambah berat badan dengan sehat. Meski memiliki tubuh yang kurus tak selalu berarti tak sehat, tapi menjaga berat badan agar tak terlalu kurus ataupun terlalu gemuk demi kebaikan kesehatan kita, tentu tak ada salahnya, kan? So, semoga bermanfaat!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading