Sukses

Beauty

Tangga Vs. Lift, Mana yang Kamu Pilih? Baca Ini Dulu Yuk...

Kesibukan yang mengejar dari waktu ke waktu, kadang membuat kita memiliki sedikit sekali waktu untuk berolahraga. Dan, ketika di kantor kita disediakan dua pilihan antara tangga vs. lift atau eskalator, kita juga cenderung akan lebih memilih lift atau eskalator karena menganggapnya lebih efektif dan efisien.
Well, meskipun pilihan lift atau eskalator ini tidak sepenuhnya salah, pilihan ini juga sebenarnya tidak sepenuhnya menguntungkan hanya karena efektif dan efisien. Pasalnya, di tengah waktu yang sangat sedikit untuk berolahraga, tangga sebenarnya merupakan pilihan cerdas bagi kamu untuk mengganti waktu berolahraga yang tak pernah sempat. Yap.

Seperti dikutip dari laman greatist.com, berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari naik-turun tangga (dan alasan kenapa kamu harus meninggalkan lift atau eskalator sekarang juga). Yuk, cek.

    Efektif untuk Mengurangi Berat Badan

    Jika kamu sedang dalam program diet untuk mengurangi berat badan, maka tangga adalah salah satu olahraga praktis yang bisa kamu pilih. Setiap langkah yang kamu ambil ketika menaiki tangga membantu membakar sekitar 0,15 kalori, yang berarti jika kamu akan dengan mudah membakar sekitar 3 kalori setiap 20 anak tangga yang kamu tempuh. Jika hal ini berulang kamu lakukan dalam sehari, berapa kalori yang bisa kamu bakar?

    Meningkatkan Aktivitas Jantung

    Menaiki tangga juga merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan aktivitas jantung. Aktivitas fisik ini mengambil peranan penting dalam pendististribusian oksigen dalam darah dan menawarkan sejumlah besar manfaat untuk jantung. Bahkan, sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa naik-turun tangga juga akan membantu meningkatkan jumlah kolesterol baik dalam darah. Melakukannya sedikitnya 7 menit per hari dapat mengurangi sekitar 50% resiko terjadinya serangan jantung.

    Menguatkan Otot-otot

    Seluruh bagian tubuh kamu akan ikut bergerak saat kamu menaiki atau menuruni tangga. Otot-otot utama pada kaki dan paha akan bekerja untuk menjaga keseimbangan tubuh saat menaiki tangga. Akibatnya, hal ini akan melatih kekuatan otot  jika dilakukan dengan rutin dari waktu ke waktu.

    Meningkatkan Stamina

    Salah satu manfaat yang paling jelas dari memilih tangga over lift maupun eskalator adalah bahwa aktivitas ini akan meningkatkan staminamu. Cobalah untuk naik-turun tangga secara rutin dan kamu akan segera menemukan manfaatnya untuk menambah stamina serta energimu.

    Mengurangi Sakit Punggung

    Kamu memiliki masalah dengan sakit di bagian punggung? Then, cobalah untuk mulai naik-turun tangga secara rutin. Sebab, kamu akan menggunakan otot tubuh bagian bawah dan otot-otot abdominal saat kamu berjalan di tangga, yang mana hal ini akan membantumu menguatkan otot-otot tersebut dan mengurangi sakit punggung yang selama ini mengganggumu.

Nah, setelah mengetahui berbagai manfaat kesehatan dari naik-turun tangga ini, kamu akan pilih mana, tangga atau lift? Jika memang naik-turun tangga dirasa berat dan cukup time-consuming, kamu bisa melakukannya sesekali saja untuk mengambil manfaatnya. So, make a wise decision and be healthy ya, Ladies!



(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading