Sukses

Beauty

Jagung, Sayuran Gurih, Manis dan Banyak Manfaatnya Untuk Kesehatan

Siapa sih yang tak suka jagung? Sayuran ini banyak digemari tak hanya karena rasanya yang gurih dan manis, tetapi juga karena gampang diolah menjadi masakan apa saja. Ya. Jagung bisa diolah menjadi masakan berkuah hingga kudapan dengan rasa lezat yang bikin ketagihan.

Tapi, lezatnya jagung ini ternyata tak hanya karena rasanya yang enak di lidah lho. Sebab, seperti dikutip dari laman www.whfoods.com, manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari mengonsumsi sayuran ini juga tak kalah lezatnya (yum!). Apa saja manfaat jagung untuk kesehatan? Yuk, simak.

    Sumber Kalori

    Jagung merupakan sayuran sumber kalori. Kandungan kalori dalam 100 gram jagung kira-kira 342 kalori. Oleh sebab itu, jagung sangat bisa digunakan sebagai makanan utama pengganti nasi.

    Mengurangi Resiko Wasir

    Kandungan serat dari satu cangkir jagung, mencukupi 18,4% serat dari jumlah harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini menjadikan jagung secara otomatis dapat membantu Anda mengatasi masalah pencernaan seperti wasir dan sembelit.

    Kaya Antioksidan

    Sebuah hasil studi yang dilakukan menunjukkan bahwa jagung kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker. Berbeda dari sayuran kebanyakan, manfaat maksimal dari antioksidan ini bisa Anda dapatkan dengan terlebih dahulu memasaknya.

    Melindungi Jantung

    Banyak peneliti yang mengatakan bahwa jagung telah terbukti memiliki efek anti-aterogenik yang dapat mengurangi resiko berbagai penyakit kardiovaskular. Manfaat jagung untuk melindungi kesehatan jantung ini bisa Anda dapatkan melalui minyak jagung.

    Mencegah Anemia

    Selain kalori dan anti-oksidan, jagung juga diberkati dengan kandungan nutrisi penting lain seperti vitamin B12 serta asam folat. Hal ini membuat jagung mampu menjadi solusi efektif untuk mengatasi masalah anemia. Ditambah lagi, jagung juga kaya akan kandungan zat besi yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah yang baru.

Nah, itulah beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi jagung. So, jadi makin cinta kan dengan si gurih manis ini? Semoga informasi ini bermanfaat ya!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading