Sukses

Beauty

Infeksi Virus dapat Menyebabkan Penyakit Molluscum Contagiosum, Apa Itu? Yuk, Kenali Lebih Jauh

Pernahkah Anda mendengar penyakit Molluscum contagiosum? Penyakit Molluscum contagiosum merupakan infeksi virus yang menimbulkan papula seperti mutiara atau nodul pada kulit. Seperti dijelaskan www.nlm.nih.gov, penyakit kelamin pada wanita satu ini disebabkan oleh virus yang merupakan anggota dari keluarga poxvirus. Penularan penyakit kelamin jenis ini bisa terjadi melalui 3 cara Berbeda, antara lain:

  1. Melalui kontak langsung dengan luka yang ditimbulkan Molluscum Contagiosum yang biasanya muncul di sekitar kulit wajah, leher, ketiak, dan lengan.
  2. Melalui kontak dengan benda-benda yang terkontaminasi dengan virus penyebab Molluscum Contagiosum, seperti handuk dan pakaian.
  3. Melalui kontak seksual.


Luka awal Molluscum Contagiosum ini sering disalah artikan sebagai luka herpes atau kutil. Sebab, Molluscum Contagiosum ini biasanya dimulai dari nodul kecil berkelompok yang terasa menyakitkan. Luka Molluscum Contagiosum biasanya memiliki inti pusat berwarna putih atau lilin. Luka Molluscum Contagiosum tidak boleh digaruk, sebab garukan justru akan membuat virus semakin menyebar.

Jika luka telah parah, Molluscum Contagiosum hanya bisa diobati dengan jalan operasi pengangkatan luka. Sementara jika luka bisa terdeteksi lebih awal dan belum terlalu parah, dokter biasanya akan meresepkan obat berupa krim yang terbuat dari tretinoin.

Agar tak tertular penyakit Molluscum Contagiosum, Anda disarankan untuk tidak berkontak dengan penderita, menjaga kebersihan, serta menjalani seks sehat, yakni dengan tidak berganti-ganti pasangan.

Nah, semoga informasi ini bermanfaat dalam menambah pengetahuan kita seputar kesehatan alat reproduksi kita ya, Ladies.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading