Sukses

Beauty

Mengunyah Permen Karet, Efeknya Sungguh di Luar Dugaan

Kamu hobi mengunyah permen karet? Biasanya kita mengunyah permen karet di kondisi dan situasi tertentu. Ada yang mengunyah permen karet saat berjalan kaki, menyetir mobil, juga ketika bekerja.

Tapi tahu nggak ternyata mengunyah permen karet bisa memberi banyak manfaat? Dilansir dari lifehack.org, kalau kita mengonsumsi permen karet dalam jumlah sedang (tak berlebihan), kita bisa mendapat efek positifnya. Selengkapnya, yuk ikuti infonya di bawah ini.

Mengendalikan Nafsu Makan
Sebuah penelitian dari Lousiana State University membuktikan orang yang mengunyah permen karet setelah makan siang nafsu makannya bisa berkurang setelahnya. Setelah makan siang lalu mengunyah permen karet satu atau tiga jam berikutnya, kita bisa mengendalikan nafsu makan untuk tidak mengonsumsi makanan tinggi kalori.

Meningkatkan Daya Ingat
Mengunyah permen karet bisa meningkatkan sirkulasi darah ke otak 25 hingga 40 persen. Sehingga jumlah oksigen yang mengalir ke otak pun meningkat. Efeknya otak bisa berfungsi lebih efisien. Kemampuan kognitif seperti daya ingat dan konsentrasi bisa meningkat saat mengunyah permen karet.

Andrew Sholey, profesor dari British Sciences Institutes di Australia menemukan bahwa daya ingat jangka pendek bisa meningkat hingga 35 persen dengan mengunyah permen karet. Namun, kalau mengunyah permen karetnya berlebihan, daya ingat jangka pendek malah akan terganggu.


Mengatasi Stres dan Cemas
Psikolog selama bertahun-tahun mengetahui bahwa mengunyah permen karet bisa mengurangi rasa tegang dan melepaskan rasa cemas dengan mengurangi hormon stres kortisol di tubuh. Kalau kamu merasa deg-degan atau stres, coba kunyah permen karet. Cara ini dipercaya bisa membuat perasaan lebih tenang dan stres menghilang.

Menjaga Kesehatan Pencernaan
Ternyata mengunyah permen karet juga bisa membantu kelancaran sistem pencernaan. Saat mengunyah, maka air liur akan terstimulus sehingga proses menelan makanan lebih mudah dan proses pencernaan bisa lebih lancar.

Selain manfaat di atas, mengunyah permen karet juga bisa memberi sejumlah efek positif lain. Di antaranya bisa mencegah flu, mengatasi kecanduan kafein dan nikotin, mengatasi mulut kering, dan mencegah gigi berlubang.

Manfaat mengunyah permen karet bisa kamu dapatkan asal dikonsumsi dengan cukup, ya Ladies. Sangat disarankan pula untuk memilih permen karet yang tak mengandung gula atau minimal rendah gula.

Semoga informasi ini bermanfaat, Ladies!



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading