Sukses

Beauty

Lawan Ketombe dengan 10 Tips dan Trik Mudahnya

Ketombe membuatmu merasa panik? Ambil nafas dalam-dalam adalah langkah pertama yang wajib dilakukan. Selain rutinitas perawatan rambut yang mencakup keramas dengan sampo anti ketombe, dibutuhkan cara menghilangkan ketombe secara alami, seperti berikut ini.

1. Cara Menghilangkan Ketombe Memakai Sari Jeruk Lemon

Sari jeruk lemon dipercaya dapat menghilangkan gatal-gatal dan menjadi cara alami menghilangkan ketombe. Caranya cukup mudah, ambil sari jeruk lemon lalu pijatkan  ke kulit kepala. Diamkan beberapa menit lalu bilas rambut dengan campuran 1 cangkir air dan 1 sendok teh sari lemon. Lakukan setiap hari untuk membantu menghilangkan ketombe.

2. Cara Menghilangkan Ketombe dengan Garam

Garam merupakan salah satu bahan yang mudah ditemui dan murah. Kamu bisa memanfaatkan bahan masakan ini untuk menghilangkan ketombe dari kulit kepala, berkat tekstur kasar yang dimiliki. Gosokkan sedikit garam ke kulit kepala sebelum melanjutkannya dengan menggunakan shampo anti ketombe.

3. Pilih Shampo Anti Ketombe yang Tepat

Ada banyak sampo anti ketombe yang dijual di pasaran. Sebisa mungkin pilih produk yang mengandung bahan-bahan alami, seperti tea tree oil dan ekstrak rosemary, sebagai cara mengatasi ketombe yang cukup efektif. Cara penggunaan shampo anti ketombe pun harus diperhatikan lho. Keramas 2 kali dan biarkan shampo meresap ke kulit kepala sekitar 5 menit sebelum dibilas.

BACA Pencegahan Efektif Agar Ketombe Tak Datang Lagi

4. Manfaat Cuka Sari Apel

Bilas rambut dengan kombinasi satu bagian cuka sari apel dan satu bagian air dingin. Lakukan setelah mencuci bersih rambut dengan menggunakan shampo anti ketombe. Gunakan secara rutin sebagai cara alami menghilangkan ketombe, dengan membasmi bakteri penyebab ketombe.

5. Penggunaan Minyak Jojoba

Oleskan beberapa tetes minyak esensial jojoba di pagi hari. Tidak perlu berlebihan ya, cukup untuk menutupi kulit kepala, sehingga rambut tidak berubah menjadi terlalu berminyak. Pijat perlahan untuk membantu melembapkan kulit, membantu mengembalikan keseimbangan pH pada kulit kepala, dan mengatasi ketombe parah.

6. Manfaat Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki banyak manfaat, baik bagi kesehatan tubuh dan keindahan rambut. Efek antijamur yang dimiliki menjadikan minyak kelapa sebagai cara alami mengatasi ketombe dengan efektif. Caranya cukup mudah kok, hangatkan sesendok minyak kelapa lalu aplikasikan ke kulit kepala. Bungkus dengan handuk basah dan panas selama sejam, sebelum dibilas. Untuk memberikan efek maksimum, gunakan semalaman lalu bilas keesokan harinya dengan campuran cuka apel dan air dingin.

BACA Penyebab Ketombe Yang Membuatnya Datang dan Datang Lagi

7. Baking Soda

Salah satu bahan pembuat kue ini memiliki banyak manfaat, baik bagi kesehatan tubuh maupun lingkungan. Kamu dapat memanfaatkan kandungan baking soda sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami dan efektif. Walau pada awal penggunaan rambut terasa kering, namun lama-kelamaan rambut berubah menjadi lembut dan ampuh menghilangkan ketombe berkerak.

8. Bilas Rambut dengan Bahan Herbal

Selain menggunakan kombinasi cuka apel dan air, kamu bisa menggunakan ramuan herbal  untuk membilas shampo anti ketombe dari rambut. Cara membuatnya cukup sederhana, tambahkan ¼ cangkir rosemary kering atau lavender ke dalam air panas, lalu biarkan sedikit dingin dan saring. Tuangkan campuran ini ke kepala, kemudian berikan pijatan dan tunggu selama 15 menit. Bilas dengan air hingga bersih.

9. Gunakan Minyak Esensial

Salah satu cara mengatasi ketombe membandel adalah dengan mengendalikannya menggunakan minyak esensial. Tuangkan 3-4 tetes minyak rosemary dan lemon ke telapak tangan, lalu aplikasikan ke kulit kepala. Dengan bantuan jari-jari tangan, pijat kulit kepala secara perlahan untuk mendorong penyerapan minyak lebih maksimal. Akhiri dengan menyikat rambut untuk menyebarkan minyak secara lebih merata ke seluruh rambut.

10. Ikuti Pola Makan Sehat

Last but not least, pola makan sehat akan membantu mengatasi ketombe yang membandel. Masukkan makanan yang kaya vitamin B, zinc, dan asam lemak omega-3. Penn State University juga menyarankan untuk mengurangi makanan tinggi gula, mengandung ragi, lemak jenuh, dan lemak trans yang dapat mendorong produksi minyak berlebih di kulit kepala.

Gunakan tips-tips ini dan rasakan perubahan yang didapat, selama melakukan perawatan rambut ini secara rutin. Bye-bye ketombe!

(vem/eth)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading