Sukses

Beauty

Menurut Studi, Meditasi Mencegah Alzheimer dan Otak Cerdas

Beberapa waktu yang lalu, sebuah studi menemukan bahwa meditasi atau yoga bisa membuat seseorang berhasil menjalankan program diet atau menurunkan berat badan. Tak hanya itu saja, meditasi atau yoga juga dikatakan bisa membuat seseorang memiliki pikiran yang selalu positif, bahagia dan rendah terhadap risiko stres.

Kali ini, dikutip dari laman dailymail.co.uk, sebuah studi baru yang dilakukan di Amerika Serikat menemukan bahwa meditasi atau yoga juga bisa membantu seseorang mencegah risiko alzheimer atau pikun. Yang lebih keren dan mengesankan lagi, meditasi juga bisa membuat otak tetap cerdas dan kemampuan memori yang lebih muda 7 tahun dibanding usia aslinya.

Para ilmuwan yang mempublikasikan temuannya di Neurolmage Journal menemukan bahwa mereka yang rutin melakukan meditasi atau yoga serta menenangkan pikiran memiliki otak yang lebih sehat, cerdas dan kemampuan mengingat yang lebih muda hingga 7 tahun. Sementara itu, orang-orang yang jarang melakukan meditasi dimana ia berusia 50 tahun ke atas, ia akan mudah berisiko alzheimer atau penurunan kemampuan memori.

Seorang peneliti dari Rumah Sakit Universitas Jena di Jerman bernama Kristen Gaser mengatakan bahwa "Temuan ini mengajak kita untuk rutin melakukan meditasi dan yoga. Tak hanya membuat pikiran menjadi lebih tenang, lebih nyaman dan bahagia, meditasi juga membuat otak menjadi lebih muda dari usia yang seharusnya. Meditasi juga membuat pertumbuhan sel-sel baru di otak dimana sel ini akan bantu otak tetap sehat. Meditasi juga bisa mencegah risiko alzheimer."

Meski meditasi dikatakan bisa mencegah alzheimer, Gaser mengungkapkan bahwa meditasi juga harus diimbangi dengan pola hidup yang sehat, olahraga cukup, istirahat cukup dan konsumsi air putih cukup. Mereka yang tetap ingin memiliki otak sehat dan cerdas juga harus tetap memperhatikan makanan yang ia konsumsi setiap hari.

Perbanyak konsumsi sayur, buah dan makanan kaya omega 3 sangat diperlukan untuk mencegah alzheimer. Mengurangi konsumsi makanan instan atau mengandung MSG dan sejenisnya juga sangat disarankan untuk dilakukan. Well, jika kamu ingin memiliki otak sehat dan mencegah alzheimer di usia muda hingga tua nanti, pastikan untuk menjaga pola makan dan pola hidup mulai dari sekarang. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading