Sukses

Beauty

Tak Terduga! Ini Kekuatan Tersembunyi Sebuah Persahabatan

Kamu hidup sebagai makhluk sosial, yang akan selalu membutuhkan orang lain, karena pada dasarnya kamu tak akan bisa hidup sendirian di dunia ini. Itulah mengapa kamu pergi keluar dan mencari banyak teman. Punya banyak teman memang menyenangkan, dan ternyata menyimpan banyak manfaat lho.

Seperti dikatakan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Scientific Reports baru-baru ini, bahwa ikatan persahabatan ternyata punya kekuatan super yang berpengaruh besar terhadap kehidupan seseorang.

Teman-teman memiliki kekuatan unik yang bisa membuat kita merasa lebih baik, tapi seorang sahabat mampu memberikan lebih dari sekedar bahu untuk bersandar atau waktu curhat. Orang-orang yang memiliki sahabat dan teman-teman dekat ternyata juga lebih baik dalam hal mengatasi rasa sakit fisik.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti mengambil analisis pada 101 partisipan dewasa, bertanya pada mereka ada berapa banyak teman dekat atau sahabat yang mereka miliki dan seberapa sering melakukan kontak dengan mereka. Sahabat biasanya adalah seseorang yang akan kamu hubungi paling tidak sekali seminggu, sedangkan teman dekat hanya minimal sebulan sekali.

Peneliti menduga bahwa orang-orang dengan lebih banyak teman akan lebih banyak memiliki aktivitas pelepasan endorfin dalam tubuh. Karena endorfin bukan hanya hormon yang membuatmu bahagia, tapi juga hormon yang dihasilkan karena adanya ikatan sosial yang kuat. Itulah mengapa orang yang punya banyak teman punya toleransi lebih kuat terhadap rasa sakit.

 

Katerina Johnson, penulis penelitian sekaligus mahasiswa doktor University of Oxford mengatakan bahwa endorfin juga berfungsi sebagai anti-nyeri alami dalam tubuh yang lebih kuat dari obat-obatan. Tak heran, jika kemudian banyak pasien yang lebih cepat sembuh karena adanya dukungan keluarga dan teman dibanding pasien yang hidup sendiri atau tak punya siapa-siapa di sampingnya.

 

Kita sering membaca artikel tentang bagaimana meningkatkan kesehatan mental atau bagaimana caranya melepaskan stres, tapi sepertinya kita lupa untuk menjaga hubungan baik dengan teman dan sahabat, karena dari mereka juga kita merasa lebih bahagia dan lebih sehat tanpa kita sadari.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading