Sukses

Health

5 Tips Simpel Agar Tubuh Tidak Bertambah Gemuk Saat Puasa

Kurang dari satu bulan ke depan umat muslim telah sampai di bulan yang istimewa yakni bulan Ramadan. Bulan Ramadan sendiri umat muslim diwajibkan untuk berpuasa.

Saat puasa frekuensi makan memang akan berubah drastis. Biasanya kita akan makan paling tidak tiga kali dalam sehari, namun saat Ramadan kita hanya makan dua kali saja yakni pada saat sahur dan juga buka puasa. Meskipun demikian, beberapa orang malah mengalami lonjakan berat badan yang cukup drastis. Alih-alih bertambah kurus, puasa malah membuat tambah gemuk.

 

Apa Penyebab Bertambahnya Berat Badan Saat Puas?

Lonjakan berat badan selama Ramadan ini ternyata disebabkan oleh pola makan yang salah saat sahur dan juga berbuka. Meskipun sedang berpuasa rupanya makan makanan sehat tetap harus diperhatikan betul Ladies. Pemilihan jenis menu makanan dan juga banyaknya makanan yang masuk ke dalam tubuh juga tetap harus diatur. Berikut ini adalah beberapa tips simple yang bisa kamu ikuti agar berat badan tak melonjak banyak saat sedang berpuasa.

 

Jangan Lewatkan Sahur

Tips pertama yang harus diperhatikan adalah jangan pernah melewatkan makan sahur Ladies. Tidak sahur selain membuatmu tak berenergi saat beraktivitas juga akan membuatmu makan banyak saat berbuka nantinya. Konsumsilah banyak protein saat sahur agar bisa kenyang lebih lama. Jangan makan terlalu sedikit dan jangan pula terlalu banyak.

Perbanyak Minum Air Putih

Selanjutnya perbanyak konsumsi air putih saat sahur dan berbuka. Minum setidaknya 2 gelas air putih saat pertama berbuka atau sebelum makan makanan berat. Selain menjaga tubuh agar terhidrasi dengan baik, ini juga akan mencegahmu makan terlalu rakus.

Atur Porsi Makan

Atur porsi makan dengan sebaik mungkin. Jangan "balas dendam" saat buka puasa Ladies. Berhentilah segera setelah kamu merasa kenyang. Karenanya sangat disarankan berbuka puasa dengan air putih dan makanan ringan dulu alias takjil untuk mengganjal perut. Setelah itu jalankan ibadah sholat magrib dan barulah bersantap dengan makanan berat saat berbuka puasa.

Jangan Makan Sebelum Tidur

Ini juga tips yang sangat penting, sebisa mungkin hindari makan makanan berat sebelum tidur. Ini akan menumpuk menjadi lemak jika setelah makan kamu langsung tidur. Setidaknya beri jarak 3 jam untuk makan sebelum tidur malam.

Tetap Olahraga Meski Berpuasa

Jangan jadikan puasa sebagai alasan kamu untuk malas bergerak atau beraktivitas. Olahraga kecil seperti jalan-jalan pagi harus tetap dilakuka. Ini juga akan membantu membakar kalori.

Itu tadi beberapa tips mudah yang bisa kamu ikuti agar berat tubuh tak melonjak drastis saat sedang berpuasa. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menyambut datangnya bulan Ramadan. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading