Sukses

Beauty

Tips Memilih Aksesoris Untuk Kebaya Agar Kamu Makin Cantik

Sama halnya dengan pakaian batik, kebaya juga merupakan salah satu busana tradisional yang kini mulai diperhitungkan berbagai kalangan. Kamu pun pasti suka dengan model busana yang satu ini sebab dapat menampilkan kesan anggun, etnik, dan modern sekaligus dalam satu waktu. Tidak tidak heran pada akhirnya kebaya menjadi busana yang paling dicari dan dipilih untuk menghadiri beragam acara yang sifatnya formal, ke pesta pernikahan contohnya.

Ketika memakai kebaya, kamu tentunya tidak akan ketinggalan aksesoris pendukung, bukan? Bagaimanapun, aksesoris diperlukan untuk membuat penampilanmu makin eye catching. Namun, asal jangan main menambahkan aksesoris dan teman pendukung kebayamu, ya! Ada lima tips memadukan kebaya beserta aksesorisnya supaya tampilan semakin menarik, tidak berlebihan, dan tentunya serasi.

1. Jangan Berlebihan!

Foto: copyright qlapa.com

Prinsip penting dan paling utama dalam memberikan aksesoris pada kebaya adalah jangan berlebihan! Terdengar klise memang, namun banyak orang berkebaya jadi terlihat kurang manis karena tidak mengindahkan tips yang satu ini.

Prinsip jangan berlebihan ini tertuju pada semua jenis aksesoris penunjang kebayamu, mulai dari aksesoris rambut, aksesoris wajah, sampai ke pelengkap busana. Sebagai contoh, gunakan hiasan rambut yang tidak terlalu heboh atau biarkan sanggulmu dihias sederhana. Tidak perlu menambahkan ronce melati karena hanya menimbulkan dugaan kamu berbusana dalam rangka menikah.

Contoh lainnya, cukup pilih salah satu hiasan di sekitaran dadamu, bisa pilih kalung atau bros. Ingin memakai keduanya? Lebih baik jangan, Ladies, karena itu hanya membuat penampilanmu berantakan.

 

2. Hindari Kalung jika Kebayamu Berleher Tinggi

Foto: copyright qlapa.com

Menambahkan kalung ataupun bros pada busana kebayamu memang sudah menjadi hal lumrah. Namun khusus untuk kalung, sebaiknya kamu berhati-hati memakainya. Jenis aksesoris yang satu ini menjadi kurang apik dan tidak terlihat jika kebayamu berleher tinggi.

Sebaliknya, jika model kebayamu semacam kutubaru, kalung bisa menjadi hiasan yang amat cantik untuk menggelantung di lehermu. Memilih kalungnya pun tidak boleh sembarangan, ya. Khusus untuk panjangnya, pilihlah kalung dengan tali yang tidak terlalu panjang hingga pas menjuntai di atas kerah kebayamu. Kalau kamu mencari kalung yang cocok dengan pilihan yang bervariasi, kamu bisa mengunjungi Qlapa, marketplace online khusus produk handmade lokal.

 

3. Pilih Warna Emas dan Perak yang Memberikan Kesan Glamor

Foto: copyright qlapa.com

Kalau kamu ingin mengoleksi aksesoris khusus kebaya, pilihlah yang berwarna emas dan perak. Selain berkesan netral dan pas dipasangkan dengan beragam kebaya yang kamu pakai, warna emas dan perak mampu memberikan kesan glamor yang elegan. Bisa dibilang, kedua warna ini tidak akan mengkhianatimu dalam berkebaya!

Mau apa pun warna kebayamu dan apa pun model kebayamu, aksesoris berwarna emas dan perak akan selalu mampu memberi pesona tambahan untuk tiap penampilanmu.

 

4. Pakai Aksesoris Bernuansa Etnik supaya Makin Eksotis

Foto: copyright qlapa.com

Bagaimanapun, kebaya sangat kental dengan nuansa tradisional dan akan lebih pas jika dipasangkan dengan beragam aksesoris bernuansa etnik. Bahkan untuk model kebaya modern, sentuhan kalung ataupun bros dengan sentuhan adat Jawa ataupun budaya lainnya mampu meneguhkan kesan etnik sehingga busana tersebut tetap tampak anggun dan tidak meninggalkan nuansa tradisionalnya.

Beberapa pilihan aksesoris etnik yang bisa kamu sandingkan dengan kebayamu antara lain kalung batik untuk kebaya polos, bros ala putri keraton, atau anting berjenis giwang. Tidak perlu jauh-jauh mencari, cukup cari koleksi aksesoris buatan pengrajin lokal Indonesia.

 

5. Cari Selop atau High Heels Simpel sebagai Pelengkap Keanggunannya

Foto: copyright qlapa.com

Bayangkan saja jika kamu memadukan kebaya dengan boots ataupun sepatu slip-on, pasti tampilannya akan aneh. Ya, memang tidak semua alas kaki dapat disandingkan dengan kebaya. Pilihan sepatu terbaik untuk model busana yang satu ini adalah selop atau high heels yang berdesain simpel karena mampu memberikan kesan anggun yang menjadi ciri khas fashion berkebaya.

Kamu bisa memilih selop apabila ingin meningkatkan suasana etnik dalam tampilan busanamu. Sementara itu, high heels dapat dikenakan jika kamu ingin menambahkan unsur modern tanpa kesan berlebihan.

Fashion memang bergantung pada selera tiap orang, Ladies. Namun, kamu juga harus pintar-pintar memilah gaya supaya tampilanmu menarik perhatian banyak orang dalam arti yang positif. Termasuk dalam berkebaya, pemilihan aksesoris menjadi kunci untuk semakin menunjukkan betapa anggunnya penampilanmu. Sebaliknya, jika pilihan aksesorisnya salah, penampilanmu justru bisa hancur total! So, be careful!

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading