Sukses

Beauty

Bukan Cuma Pusing, Ini 7 Gejala Lain Anemia

Ladies, apa yang kamu tahu soal anemia? Mungkin selama ini yang kita tahu adalah bahwa gejala anemia itu pusing atau sakit kepala. Tapi ternyata gejala-gejalanya bukan cuma itu saja.

Sebelum kita mengenal lebih jauh soal gejala anemia, kita kenali dulu sejumlah penyebabnya. Dilansir dari boldsky.com, faktor penyebab anemia itu bisa meliputi kekurangan zat besi, kehilangan banyak darah, menstruasi, kurang gizi, dan faktor genetik. Secara umum, anemia adalah suatu kondisi di mana jumlah sel darah merah sehat dalam darah berkurang. Kalau dibiarkan dan tak segera ditangani pastinya bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan lainnya.

Berikut ini tujuh gejala anemia yang selama ini mungkin belum kita ketahui. Let's find out!

    Kulit Pucat

    Kalau kulitmu pucat dan kusam, bisa jadi itu gejala kalau kadar darah dalam tubuhmu tidak optimal. Dan bisa jadi indikasi kamu mengalami anemia.

    Nyeri Dada

    Sering merasakan nyeri dada? Itu bisa jadi sinyal kalau jantungmu sedang bekerja ekstra keras karena berkurangnya jumlah sel darah merah dalam tubuh.

    Hamil

    Kalau ini mungkin bukan gejala tapi penyebab. Kebanyakan wanita hamil akan mengalami anemia khususnya di awal-awal kehamilan. Penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk hal ini.

    Wasir

    Wasir juga bisa jadi salah satu gejala anemia. Kalau kamu mengalami wasir atau tukak lambung, baiknya segera hubungi dokter karena bisa jadi ini gejala anemia akibat berkurangnya darah dalam tubuh.

    Jantung Berdegup Kencang

    Jantung yang berdegup kencang juga bisa jadi gejala anemia. Hal ini karena jantung mengalami tekanan akibat tak mendapat cukup darah.

    Kadar Hemoglobin Rendah

    Cek kadar hemoglobinmu. Kalau kadarnya rendah, kemungkinan besar kamu mengalami anemia dan harus ditangani secepatnya.

    Kuku Getas atau Rapuh

    Cek kukumu. Kalau kukumu gampang rapuh atau getas, bisa jadi kamu mengalami anemia. Perlu tes dan pengecekan lebih lanjut untuk memastikannya.

Nah, itu tadi tujuh gejala lain anemia yang perlu diwaspadai. Kalau kamu mengalami gejala-gejala tersebut, segera periksakan dirimu ke dokter, ya Ladies. Semakin cepat penanganannya jelas akan semakin baik.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading