Sukses

Beauty

Teh Cengkeh, Obat Alami Untuk Perbaiki Insulin Pasien Diabetes

Jika di dapur, cengkeh berfungsi sebagai bumbu makanan. Dalam hal industri, cengkeh sudah umum dijadikan bahan tambahan dalam produksi pasta gigi, sabun, kosmetik, parfum bahkan rokok. Salah satu alasannya adalah karena cengkeh memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral seperti yodium, kalsium fosfor dan besi.

Dalam hal kesehatan, tidak hanya dijadikan obat anti nyeri saat sakit gigi atau pencabutan gigi saja. Ada manfaat tersembunyi lain yang dimiliki cengkeh. Seperti dikutip dari American Heart Association Circulation, sebuah studi menemukan bahwa cengkeh punya kemungkinan besar menurunkan kadar gula darah dan menjaga gula darah para penderita diabetes.

Menyeduh cengkeh atau memakannya bisa membuat kandungan cengkeh bekerja di dalam tubuh dengan cara menginduksi aktivitas insulin. Cengkeh berperan sebagai insulin dan membantu resistensi atau pelepasan insulin lebih banyak sehingga dapat menjaga kadar gula darah, terutama bagi kamu yang memiliki penyakit dabetes.

Cukup dengan cara direbus atau diseduh dengan air panas. Ambil 5-6 buah cengkeh, dan seduh seperti teh. Minum selagi hangat setiap sehari sekali. Rempah kering ini juga bisa dimakan secara berkala untuk membantu menghilangkan bau nafas tak sedap dan masalah perut lainnya.

Namun kamu juga perlu berhati-hati untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi cengkeh dengan cara dimakan langsung apalagi memiliki riwayat penyakit lambung. Hal ini dikarenakan bunga cengkeh memiliki kandungan eugenol yang tinggi sehingga cukup keras untuk lambung.

Untuk menetralisir dan menghindari terjadinya efek samping, kamu bisa memakan cengkeh cukup 5-6 buah saja dan diikuti dengan cukup minum air putih.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading