Kulit Wajah Makin Halus & Cerah Berkat Air Cucian Beras

Fimela22 Sep 2016, 13:09 WIB
Photo: Copyright Thinkstockphotos.com

Wanita mana yang tak ingin memiliki kulit wajah yang halus dan cerah. Bisa dipastikan, hampir semua wanita menginginkan hal ini. Dan untuk mendapatkan hal ini, sebenarnya ada banyak perawatan yang bisa dilakukan. Bisa perawatan di klinik kecantikan, perawatan menggunakan produk kosmetik hingga perawatan dengan cara alami menggunakan bahan alami yang ada di rumah.

Berbicara mengenai perawatan alami menggunakan bahan alami di rumah, saya teringat dengan perawatan wajah yang biasa dilakukan sahabat saat kuliah. Perawatan alami yang ia lakukan adalah perawatan menggunakan air cucian beras. Mmm, benar nggak sih air cucian beras bisa bikin wajah makin halus, cerah dan bersih? Percaya nggak percaya, merawat kulit dengan air cucian beras dengan rutin akan membuat wajah makin halus dan cerah.

Dikutip dari berbagai sumber, nutrisi yang terkandung di dalam air cucian beras khususnya air cucian yang berwarna putih dikatakan sangat baik dalam menutrisi kulit. Tak hanya membuat kulit makin halus dan cerah saja, lebih jauh, nutrisi ini juga mampu membuat kulit menjadi lebih bersih, bebas dari masalah komedo serta jerawat atau pun bekasnya.

Air cucian beras sangat baik untuk perawatan wajah | Photo copyright Rocketnews24.com

Adapun perawatan kulit menggunakan air cucian beras caranya sangatlah mudah. Caranya adalah, cuci beras secukupnya sebelum dimasak. Untuk air cucian beras pertama, buang saja karena ini bisa saja mengandung bakteri atau kuman serta kotoran yang justru membuat kulit kusam dan rusak. Air cucian beras yang digunakan untuk perawatan kulit wajah adalah air cucian kedua, ketiga dan seterusnya.

Tempatkan bekas air cucian beras ke dalam sebuah wadah tertentu lalu diamkan kira-kira selama 1 sampai 2 jam hingga sari beras mengendap ke dasar wadah. Buang pelan-pelan air beras yang telah bening dan sisakan endapan yang ada di bawah wadah. Endapan inilah yang nantinya dijadikan bahan alami merawat wajah. Oleskan secara merata endapan air cucian beras ke wajah dan diamkan sampai kering kira-kira selama 15 menit. Jika masker tersebut sudah kering, bilas wajah dengan air hangat secara pelan-pelan dan hati-hati. Terakhir, tepuk-tepuk wajah dengan handuk bersih. Agar hasil perawatan ini makin maksimal, gunakan pelembab alami yakni minyak zaitun setelah melakukan perawatan ini.

Lakukan perawatan ini kira-kira 2 sampai 3 kali dalam seminggu dan dapatkan kulit wajah bersih, cerah serta makin halus. Ladies, perawatan alami yang sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja bukan? Tapi ingat, air cucian beras yang baik untuk perawatan wajah adalah air cucian beras dari beras yang benar-benar sehat tanpa bahan kimia atau pemutih di dalamnya. Semoga perawatan ini bermanfaat

(vem/mim)