Selama Ini Kita Salah Bersihkan Make Up, Gini Cara Benarnya

Fimela03 Nov 2016, 09:30 WIB
Ilustrasi wajah bermake-up/Pixabat

Make up yang kamu kenakan itu akhirnya terhapus juga. Sesudah kamu gunakan cleanser, toner, dilanjutkan dengan sabun. Tak lupa bahkan kamu scrub sekalian. Yak, sip! Kamu percaya diri bahwa kulit wajah sehat akhirnya kamu dapatkan juga. Eh..tapi yakin?

Ternyata yang kamu lakukan itu hanyalah mengikis lapisan kulit dengan lebih cepat. Akibatnya kulit malah jadi kering dan kusam. Jangan salahkan kosmetik yang kamu gunakan ya, Ladies. Karena ternyata kekeliruan ada di tangan kamu ketika membersihkan wajah.

Spesialis Kulit dan Kelamin dari Klinik Sakti Medika, Jakarta, dr.Tina Wardhani Wisesa, SpKK(K), mengatakan bahwa membersihkan kosmetik dengan cara di atas ternyata salah. "Kalau membersihkan wajah dengan cleanser yang sekalian toner, jangan gunakan sabun sekaligus. Itulah yang membuat kulit kering," ujar dr.Tina saat ditemui di bilangan Thamrin, Jakarta Pusat.

dr.Tina Wardhani Wisesa, SpKK(K)/Vemale.com/Zika Z

Ditambahkan dokter lulusan Universitas Padjajaran, Bandung, itu bahwa wanita juga kerap melupakan leher ketika membersihkan kosmetik. Padahal bagian ini juga penting karena terlihat langsung oleh orang lain. Pilihlah juga produk yang sesuai dengan jenis kulit kamu karena dengan demikian membuat kotoran tumpas dan sekaligus menghindari iritasi.

Hal senada diutarakan Bubah Alfian, make up artis yang pernah membuat cantik model internasional, Tyra Banks. Dikatakan Bubah, proses pembersihan wajah yang benar dan rutin adalah kunci keberhasilan untuk make up yang memesona. "Make up yang hasilnya baik berasal dari wajah yang sehat dan terawat," kata Bubah.

Bubah Alfian, Make Up Artist/Instagram

Ingatlah bahwa kulit merupakan organ tubuh paling luar yang bisa dilihat, diraba, hidup, dan memancarkan kondisi kesehatan mental seseorang. Ia bisa menyokong penampilan dan dengan begitu sangat butuh perawatan yang tepat dan benar, terutama wajah.

Wajah cantik kamu bisa terpancar ketika kamu sayangi dan jaga dia sebaik-baiknya. Yuk, kita mulai perawatan sejak dini dengan membersihkan wajah sebaik-baiknya. Janji ya, Ladies!

(vem/zzu)