Mencuci Wajah Terlalu Sering Agar Makin Bersih, Bolehkah?

Fimela21 Nov 2016, 14:14 WIB
Photo: Copyright Tinkstockphotos.com

Dalam sehari, seberapa sering kamu mencuci wajah atau membilas wajah? Usahakan agar tidak terlalu sering ya Ladies. Memang, mencuci wajah adalah salah satu aktivitas yang baik karena hal ini akan membuat wajah kamu senantiasa halus dan lembut. Mencuci wajah juga akan membuat kulit wajah senantiasa segar alami.

Tapi ingat, mencuci wajah terlalu sering ternyata sangat tidak baik buat kecantikan dan kesehatan kulit. Mencuci wajah terlalu sering juga sangat memungkinkan membuat jerawat serta komedo semakin parah. Mmm, kira-kira kenapa hal ini bisa terjadi?

Jadi begini, ketika kita terlalu sering mencuci wajah apalagi menggunakan pembersih wajah, secara tidak langsung hal ini justru akan membuat sabun wajah mudah menempel dan menumpuk di wajah. Ketika sabun tersebut menumpuk, hal ini akan membuat pori-pori kulit wajah tertutup dan sangat mungkin membuat berbagai masalah di kulit wajah.

Menurut studi yang dilakukan para ahli di American of Dermatology, mencuci kulit wajah terlalu sering dapat membuat berbagai masalah di kulit wajah bermunculan. Ini juga bisa membuat kulit wajah mengalami iritasi. Lantas, berapa kali idealnya mencuci wajah dengan sabun wajah?

Untuk mereka yang memiliki kulit normal, sangat disarankan untuk mencuci wajah satu kali saja dalam sehari. Tapi, bagi mereka yang memiliki kulit berminyak, usahakan untuk mencuci wajah sebanyak dua kali dalam sehari. Jangan mencuci wajah terlalu sering karena ketika kulit wajah kamu sensitif, ini bisa membuat kulit wajah kamu mengalami iritasi dan berbagai masalah lain.

Sangat disarankan agar selepas mencuci wajah agar kamu memakai pelembab wajah. Pelembab wajah berfungsi menjaga kelembaban kulit dan mengontrol kulit agar senantiasa sehat lagi cantik. Sangat disarankan juga agar kamu tidak terlalu keras dalam menggosok kulit wajah agar kulit wajah tak mengalami iritasi atau luka. Semoga, informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)