Tips Membuat Masker Alpukat Untuk Rambut Makin Halus & Kuat

Fimela05 Jan 2017, 18:31 WIB
Photo: Copyright Thinkstockphotos.com

Sebagai mahkota alami untuk setiap orang, rambut tentunya harus dijaga dan dirawat sebaik mungkin agar selalu halus, lembut, kuat dan indah. Untuk merawat rambut, sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara mudah baik dari cara alami hingga menggunakan produk kecantikan atau melakukan perawatan di salon kecantikan. Tapi nih ya, buat kamu yang nggak punya waktu buat ke salon atau malas merawat rambut dengan produk kosmetik karena takut rambut justru rusak, kamu bisa kok merawat rambut pakai bahan alami.

Dikutip dari laman boldsky.com, ada banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk merawat rambut. Bahan alami tersebut mulai dari minyak kelapa, minyak zaitun, cucian air beras atau buah-buahan seperti buah alpukat. Yap, nutrisi serta vitamin yang terkandung di dalam buah alpukat baik untuk menghaluskan, melembutkan dan memperkuat rambut. Buah alpukat bisa dijadikan masker alami rambut. Berikut bahan untuk membuat masker alpukat dan aplikasinya.

Buah aplukat bisa membuat rambut makin halus dan lembut | Photo: Copyright Thinkstockphotos.com

Bahan

  • 1 buah alpukat matang
  • 1 butir kuning telur
  • 2 sdm madu

Cara Membuat dan Aplikasi

  1. Belah buah alpukat menjadi dua. Ambil daging buahnya dan haluskan dengan cara dipenyet-penyet atau di blender.
  2. Di wadah terpisah, kocok kuning telur hingga mengembang. Tambahkan madu di dalamnya dan kocok lagi hingga kedua bahan tercampur rata.
  3. Tambahkan buah alpukat ke dalam kuning telur lalu aduk rata. 
  4. Sisir dan rapikan rambut seperti biasa. Oleskan masker alpukat ke rambut menggunakan jari tangan secara merata. 
  5. Sambil mengoleskan masker, pijat lembut masker agar nutrisinya merasuk hingga ke akar rambut dan kulit kepala. 
  6. Jika masker telah rata, diamkan kira-kira selama 20 menit. 
  7. Bilas rambut pakai air dingin seperti biasa. Keringkan rambut menggunakan handuk bersih.

Melalui perawatan ini, rambut kamu tak hanya halus, lembut dan kuat saja. Lebih jauh, perawatan ini bisa bikin kulit kepala makin sehat dan terbebas dari masalah ketombe. Sebagai catatan penting, hindari membilas rambut menggunakan air hangat karena ini justru bisa membuat rambut tidak sehat. Hindari juga menggunakan minyak rambut atau gel rambut karena bisa membuat rambut kaku dan kering.

Untuk hasil yang maksimal, disarankan agar kamu melakukan perawatan ini setidaknya setiap satu kali dalam seminggu. Semoga tips ini bermanfaat dan kamu bisa dapatkan rambut halus, lembut serta kuat setiap harinya. Selamat mencoba.

(vem/mim)