Sukses

Beauty

Makan Ramai-Ramai, Kebiasaan Yang Ternyata Bikin Perut Buncit!

Suka pergi bersama banyak teman? Kamu dan teman-temanmu mungkin juga suka makan bareng setelah jalan-jalan sambil ngobrol banyak hal. Tapi tahukah kamu bahwa ternyata kebiasaan makan-makan bareng bersama banyak orang punya efek buruk kesehatan lho, yaitu membuat perutmu buncit.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan Nutrition, menunjukkan bahwa makanan yang dimakan bersama orang lain 33 persen lebih banyak porsinya dibanding jika makan sendirian. Dengan kata lain, makan dengan banyak orang lebih mudah membuatmu gemuk dan punya perut buncit.

Ini karena makan bersama teman-teman membuatmu tergoda memesan lebih banyak jenis makanan. Makan dengan dua orang meningkatkan asupan makan hingga 47 persen. Makan bareng empat, enam hingga delapan orang lebih, semakin banyak pula makanan yang kamu makan.

Tentu saja hal ini juga dipengaruhi seberapa lama kamu makan bersama teman-teman dan ngobrol panjang lebar. Karena penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Appetite menemukan bahwa orang-orang yang menghabiskan makanan dengan mengulur waktu, misalnya sambil membaca buku, justru bisa mengurangi penumpukan lemak dibandingkan saat makan dengan cepat.

Ini karena kalori tidak masuk ke tubuh dalam waktu bersamaan, dan perhatianmu tidak hanya pada makanan. Makan sambil melakukan berbagai hal akan membuat sistem pencernaan mencerna makan lebih santai. Jadi jika tak ingin perut buncit, jangan sering-sering makan bersama ya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading