Sukses

Beauty

Meredakan Gigi Sensitif Pakai Cara Alami, Tipsnya Sederhana

Punya gigi sensitif memang sangat tidak nyaman. Menikmati makanan yang terlalu dingin atau panas bisa sangat menyiksa. Harus sangat berhati-hati sekali dalam memilih makanan.

Selain itu penting juga untuk memberi perawatan khusus untuk gigi sensitif agar kondisinya tidak makin parah. Perlu diketahui juga bahwa gigi bisa menjadi sensitif karena tambalan, gigi berlubang, gigi retak dan menipisnya email gigi. Kalau sekiranya kondisi gigi sensitifmu tidak terlalu parah, kamu bisa coba cara alami yang sederhana untuk meredakannya. Seperti sejumlah alternatif berikut ini.

    Kombinasi Bawang Putih, Air, dan Garam

    Bawang putih ternyata diyakini memiliki kandungan yang bisa membantu meredakan gigi sensitif. Seperti yang dilansir oleh top10homeremedies.com, kita bisa mengombinasikan bawang putih, air, dan garam untuk meredakan nyeri gigi sensitif. Caranya gampang saja. Campurkan 1 siung bawang putih yang sudah dihaluskan dengan 2 atau 3 tetes air dan garam meja. Oleskan langsung pada gigi yang sensitif. Ulangi dua kali sehari selama beberapa hari.

    Garam dan Air Hangat

    Air garam diyakini bisa membantu meringankan sensitivitas gigi. Kenapa? Karena air garam dapat meningkatkan keseimbangan pH mulut, sehingga menciptakan lingkungan basa yang dapat menyebabkan bakteri berbahaya pada mulut dan gigi tak bisa bertahan hidup. Caranya bisa larutkan 1/2 sdm garam dengan air hangat, lalu gunakan sebagai air kumur. Ulangi sehari dua kali, untuk mengurangi risiko gigi sensitif.

    Cengkeh Tumbuk

    Di dunia kedokteran gigi, cengkeh sering digunakan untuk keperluan anestesi, anti inflamasi, dan anti bakteri. Cengkeh dipercaya punya kandungan untuk mengurangi rasa sakti gigi serta melawan infeksi. Bahkan esktrak air cengkeh punya efek analgesik. Analgesik memiliki sifat seperti narkotik, dalam arti bisa menekan sistem saraf pusat dan mengubah persepsi terhadap rasa sakit yang diderita. Untuk mengurangi nyeri gigi sensitif, tumbuh cengkeh secukupnya bila perlu tambahkan sedikit air. Oleskan cengkeh yang ditumbuk pada gigi sensitif, diamkan selama 20 sampai 30 menit baru kumur dengan air hingga bersih.

    Mengunyah Daun Jambu Biji

    Daun jambu biji memiliki kandungan flavonoid dan anti inflamasi. Sehingga diyakini memiliki khasiat dapat mengatasi nyeri gigi sensitif. Caranya mudah saja. Bersihkan jambu biji, pilih yang muda. Lalu kunyah dua kali sehari untuk mendapat hasil optimalnya.

Itu tadi cara alami dan paling sederhana untuk meredakan masalah gigi sensitif. Kalau masalah gigi sensitifmu sangat parah dan menyakitkan, segera ke dokter gigi ya untuk mendapat pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Semoga info di atas bisa jadi referensimu, ya Ladies!

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading