Sukses

Beauty

Waspada, Ini 4 Tanda Kamu Menjalani Diet yang Nggak Sehat

Melakukan diet untuk mendapatkan berat badan ideal memang sah-sah saja. Cuma yang perlu diingat, jangan sampai menerapkan diet ketat yang tak manusiawi. Ketahui batasan diet yang kamu lakukan, karena diet terlalu keras juga tak baik.

Yuk, coba kenali lagi apakah diet yang kamu jalani ini masih dalam tahap aman. Kalau justru kamu merasakan tanda-tanda ini, saatnya untuk lebih waspada. Kenapa? Karena tanda-tanda ini jadi sinyal bahwa sebenarnya diet yang kamu jalani itu nggak sehat.

    Kebugaran Tubuh Malah Menurun

    Kalau dengan diet yang kamu lakukan justru membuat kamu merasa lelah, tidak bertenaga, tampak pucat, bahkan mengalami kulit kusam dan menstruasi tak teratur, maka kamu pasti melakukan diet yang buruk. Tanda ini jadi sinyal bahwa sebenarnya tubuhmu sedang kehilangan banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

    Gampang Tersinggung dan Super Moody

    Diet yang dilakukan dengan benar justru bisa membuat suasana hati semakin baik. Tapi kalau yang terjadi malah sebaliknya, ini menandakan kadar gula dalam darah turun karena kurang makan sehingga membuatmu kelaparan. Kalau sudah lapar, tubuh bakal mengalami stres dan mengeluarkan hormon adrenalin yang membuatmu cepat marah. Kamu pun jadi gampang tersinggung dan sering bad mood.

    Berat Badan Merosot Tajam

    Iya sih salah satu indikasi diet berhasil adalah berat badan yang turun dan menuju ideal. Tapi kalau berat badan jadi merosot tajam, kamu perlu waspada. Jangan terlalu bangga saat kamu bisa menurunkan berat badan lebih dari 5 kilogram dalam sebulan. Ini tidak sehat. Apalagi jika tubuhmu jadi merasa tidak fit. Menurunkan berat badan harus dilakukan secara berkala, perlahan tapi berkelanjutan. Berat badan yang masih dalam kategori sehat yang boleh turun per bulannya hanya 2-3 kilogram saja.

    Obsesimu untuk Kurus Makin Tak Masuk Akal

    Jangan terpatok dengan angka atau ukuran, jika hanya mementingkan ukuran tubuh kurus, kamu akan terjebak dalam diet yang buruk. Penting untuk tetap memperhatikan kebutuhan tubuh. Tak perlu lah menghindari semua jenis makanan dan mengabaikan asupan gizi dan nutrisi tubuh. Jangan sampai kamu malah tak makan apa pun karena obsesimu untuk kurus makin tak masuk akal.

Well, memang menurunkan berat badan itu mendapat tubuh yang proporsional itu perlu, tapi apa gunanya jika tak sehat? Tubuh kamu juga butuh nutrisi yang cukup untuk tetap bisa menurunkan berat badan. Yuk, tetap utamakan kesehatan tubuh agar terhindar dari gangguan atau risiko penyakit berbahaya.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading