Sukses

Beauty

Menurut Studi Menyendiri Penting Dilakukan & Menyehatkan, Asal...

Banyak yang menganggap bahwa seseorang yang suka menyendiri dan tidak mau melakukan sosialisasi adalah seseorang yang nggak banget. Tidak sedikit dari kita yang menganggap bahwa seseorang yang suka menyendiri juga tak bahagia dengan hidupnya, kurang percaya diri dan kurang menarik.

Namun jangan salah Ladies, orang-orang yang suka menyendiri dan asik dengan dunianya terkadang jauh lebih bahagia dari kita yang punya banyak teman, keluarga dan kenalan. Mereka yang suka menyendiri, ternyata tidak sedikit yang memiliki rencana hidup jelas, pemikiran lebih matang dan fisik yang lebih sehat serta pikiran yang cukup tenang.

Dikutip dari laman today.com, para ahli menemukan bahwa aktivitas menyendiri bisa memiliki segudang manfaat sehat jika aktivitas ini dilakukan dengan cara yang tepat. Sesekali menyendiri, menyepi dan merenung akan membuat seseorang memiliki pikiran yang lebih tenang. Dengan catatan, menyendiri ini tidak dilakukan di saat patah hati, kecewa, galau juga kesepian.

Sesekali menyendiri penting untuk dilakukan | Photo: Copyright pexels.com

Sejenak saja tidak menggunakan gadget, tidak mendengar musik, tidak berbincang dengan orang-orang di sekitar dan lebih memilih duduk sambil memejamkan mata di taman atau berbaring di tepi jendela kamar, ini justru akan membuat pikiran jadi makin rileks, otak berpikir makin jernih dan tubuh yang lebih sehat. Menyendiri ini juga bisa dilakukan sambil yoga atau meditasi.

Christian Whelan, profesor di School of Human Ecology di University Wisconsin, Madison mengungkapkan bahwa menyendiri bisa bantu seseorang meredam dan menstabilkan emosinya. Kesendirian bisa membuat seseorang semakin menghargai hidupnya, lebih dekat dengan penciptanya dan berpikir lebih tenang.

Aktivitas ini juga bisa mendorongnya melakukan introspeksi terhadap dirinya sendiri dan memperbaiki apa yang menurutnya kurang benar. Christian mengatakan,

"Orang berpikir bahwa sendiri bisa membuatnya depresi dan kehilangan semangat. Anggapan ini sepenuhnya tak benar jika aktivitas ini tidak dilakukan saat pikiran sedang rumit, kecewa dan terpuruk. Kesendirian yang dilakukan dengan benar dan dibarengi dengan perasaan yang sabar, bahagia dan nyaman, ini justru bisa membuatnya jadi makin tenang serta berpikir lebih terbuka."

Walau menyendiri dikatakan menyehatkan, jika ini dilakukan berlebihan, ini justru sangat berbahaya buat kesehatan baik fisik maupun psikis.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading