Tips Mencegah Rambut Bercabang dengan Masker Santan Kelapa

Fimela23 Mei 2017, 08:04 WIB
Photo: Copyright Thinkstockphotos.com

Setiap orang pasti ingin memiliki rambut yang sehat, kuat dan mengesankan serta cantik alami tanpa masalah sedikit pun. Sayangnya, aktivitas yang padat, seringnya gonta-ganti warna rambut, polusi udara dan sejenisnya bisa membuat rambut jadi rusak, bercabang, kering dan mudah patah hingga rontok.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memiliki rambut sehat dan cantik selalu. Cara tersebut mulai dari melakukan perawatan di salon atau klinik kecantikan, perawatan di rumah menggunakan kosmetik atau sekedar melakukan perawatan menggunakan bahan alami yang ada di rumah.

Bicara mengenai perawatan alami rambut di rumah khususnya perawatan untuk mengatasi rambut bercabang, bahan alami yang bisa dimanfaatkan adalah santan kelapa. Santan kelapa mengandung berbagai nutrisi yang sangat baik untuk rambut. Tak hanya bantu mencegah dan mengatasi rambut bercabang, nutrisi pada santan kelapa juga baik untuk menghitamkan rambut secara alami, menghaluskan dan memperkuat rambut.

Santan kelapa bermanfaat untuk menjaga kecantikan alami rambut | Photo: Copyright shutterstock.com

Nutrisi ini bahkan dipercaya bisa bantu rambut terhindar dari risiko beruban di usia dini. Cara memanfaatkan santan kelapa sendiri untuk mencegah rambut bercabang sangat mudah. Siapkan 1 cangkir santan kelapa kental dan 4 sdm madu. Campur kedua bahan lalu oleskan secara merata ke rambut dari ujung hingga pangkal.

Diamkan masker santan kira-kira selama 15 hingga 30 menit. Tutup rambut kepala menggunakan handuk bersih selama memakai masker. Jika sudah, bilas rambut menggunakan air dingin dan keramas seperti biasa hingga bersih. Sebagai sentuhan terakhir agar hasil perawatan ini semakin maksimal, gunakan minyak kelapa sebagai minyak rambut alami.

Lakukan perawatan alami ini dua hingga tiga kali dalam seminggu untuk dapatkan hasil yang memuaskan.

(vem/mim)