Sukses

Beauty

10 Tips Ampuh Agar Terhindar Dari Risiko Kanker Mematikan

Kanker yang merenggut nyawa artis kenamaan Julia Perezdan diderita beberapa artis Indonesia juga dunia lainnya ini merupakan salah satu kanker paling mematikan. Ini juga merupakan kanker ganas yang tidak menunjukkan gejala tertentu di stadium awal. Hingga penderita kanker bisa mengenali gejala tersebut setelah adanya pendarahan hebat atau tak wajar juga gejala lainnya di stadium akhir.

Ada beberapa penyebab utama terkait risiko kanker. Baik itu untuk kanker serviks, kanker payudara, kanker hati, kanker otak dan berbagai jenis kanker lainnya. Setiap jenis kanker juga menunjukkan gejala yang tak sama antara satu dengan lainnya. Untuk itu, penting bagi kita semua senantiasa menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari risiko kanker.

Dikutip dari laman prevention.com, ada beberapa tips ampuh agar terhindar dari risiko kanker mematikan. Berikut sedikitnya 10 tips yang bisa kita terapkan.

Konsumsi Makanan Sehat
Pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan sehat. Perbanyak konsumsi sayur dan buah juga makanan alami lainnya. Meski tidak sepenuhnya menjamin tubuh terhindar dari risiko kanker, konsumsi makanan sehat setidaknya bisa menurunkan risiko kanker hingga 50%.

Hindari Kebiasaan Buruk Merokok
"Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan janin" Inilah sepenggal kalimat peringatan yang selalu ada di setiap bungkus rokok. Ya, senyawa kimia berbahaya dalam rokok dipercaya sebagai pemicu berbagai penyakit mematikan salah satunya adalah kanker. Untuk itu, pastikan untuk menghindari atau meninggalkan kebiasaan buruk merokok agar tubuh senantiasa sehat dan terhindar dari risiko kanker.

Hindari Senyawa Karsinohenik
Umumnya, senyawa yang sering disebut sebagai formaldehida ini bisa kita jumpai pada asap kendaraan bermotor, pada produk sealant, benzena, asbes dan sejenisnya. Senyawa ini bisa meningkatkan risiko kanker dan mempermudah sel kanker berkembang juga menyerang tubuh. So, usahakan untuk senantiasa menghindari senyawa ini.

Konsumsi Makanan Kaya Vitamin D
Berbagai makanan yang kaya vitamin D juga sinar mentari pagi sangat baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin D yang tercukupi dengan baik juga memungkinkan tubuh senantiasa terhindar dari risiko berbagai penyakit mematikan salah satunya kanker.

Kurangi Konsumsi Makanan Berlemak Jenuh
Berbagai makanan yang mengandung lemak jenuh dan memiliki rasa gurih yang menggugah selera memang sangat sulit untuk ditolak. Tapi ingat, meski sangat enak dan menggugah selera, makanan ini berbahaya buat kesehatan tubuh. Kadar lemak jenuh pada makanan yang masuk ke dalam tubuh bisa memicu obesitas, serangan jantung, kanker usus besar, kanker rahim dan kanker prostat.

Jaga Berat Badan, Pastikan Tidak Obesitas
Kondisi obesitas bisa memicu berbagai penyakit mematikan termasuk kanker. Untuk itu, usahakan untuk melakukan diet sehat dan menjaga berat badan agar tidak mengalami obesitas.

Olahraga Rutin
Pastikan untuk melakukan olahraga rutin dan gerak tubuh cukup agar tubuh senantiasa fit, terhindar dari berbagai penyakit dan terlindungi. Olahraga bisa dilakukan dari olahraga paling sederhana yakni lari pagi, senam atau yoga. Lindungi diri kamu dari risiko kanker dengan olahraga rutin.

Istirahat Cukup
Usahakan untuk memiliki istirahat cukup setiap harinya. Idealnya, seseorang memiliki waktu istirahat 6 hingga 8 jam selama sehari semalam. Jangan biarkan kamu memiliki kebiasaan buruk tidur larut malam agar terhindar dari risiko kanker dan berbagai penyakit mematikan lainnya.

Hindari Pikiran Stres
Pikiran stres bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh. Stres juga bisa berpengaruh buruk pada pola hidup sehari-hari. Ini bahkan bisa meningkatkan berbagai penyakit termasuk kanker. So, pastikan selalu tenang, sabar, bahagia dan hindari stres berlebih.

Lakukan Vaksinasi
Vaksinasi tubuh dengan vaksin yang berhubungan dengan pencegahan infeksi. Vaksinasi hepatitis B bisa menekan risiko kanker hati dan HPV penyebab kanker serviks dan rahim.

Itulah beberapa tips ampuh agar terhindar dari risiko kanker mematikan. Semoga tips ini bermanfaat. Be Healthy and be happy yes?

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading