Tips Atasi Bau Mulut yang Mungkin Muncul Saat Berpuasa

Fimela17 Jun 2017, 11:00 WIB

Saat berpuasa, karena faktor lambung yang kosong, tentu ada kemungkinan munculnya bau mulut. Hmm, siapa sih yang ingin mulutnya bau naga saat berpuasa? Tentu tidak ada yang menginginkannya. Daripada menimbulkan rasa tidak nyaman, coba atasi dengan cara berikut.

1. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Copyright thinkstockphotos.com

Meski sederhana, air putih memang mampu mengatasi bau mulut. Salah satu alasan munculnya bau mulut adalah karena kamu mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Oleh karena itu, pastikan kamu cukup minum air selama berpuasa ya. Gunakan pola 2-4-2 untuk mengatur jumlah air yang masuk selama puasa.

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Luar Biasa Minum Air Hangat Bagi Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

2. Gunakan Mouthwash

Copyright thinkstockphotos.com

Berkumur dengan mouthwash sering menjadi pilihan utama untuk mengatasi bau mulut. Namun, dalam pemakaiannya, kamu harus memerhatikannya dengan benar. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kandungan bahan kimia dalam mouthwash berdampak buruk untuk tubuh seperti munculnya kanker mulut. Penggunaan mouthwash dalam waktu lama juga menjadikan berdampak bakteri yang ada dalam mulut jadi kebal. Jadi, sebisa mungkin, hindari berkumur dengan mouthwash terlalu sering.

3. Berkumur Dengan Rebusan Cengkeh

Copyright thinkstockphotos.com

Rempah yang satu ini tak hanya berguna sebagai penghias kue nastar, namun juga berguna untuk mengusir bau mulut. Kandungan alami cengkeh bermanfaat sebagai desinfektan yang mampu menmbunuh bakteri penyebab bau mulut. Untuk memanfaatkannya, siapkan cengkeh dalam takaran setengah cangkir. Rebus hingga mendidih dan berkumurlah dengan air rebusan cengkeh.

4. Berbuka Dengan Teh Tawar

Copyright thinkstockphotos.com

Untuk berbuka puasa, teh adalah minuman paling populer. Tahukah kamu? Ternyata konsumsi teh secara rutin dapat mengatasi bau mulut yang muncul saat puasa. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi teh tanpa gula mengandung anti-oksidan (polifenol) yang membantu menghancurkan pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Ingat ya, konsumsi tehnya tanpa gula!

5. Manfaatkan Daun Sirih

Copyright thinkstockphotos.com

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Laboratorium Biokimia Institut Pertanian Bogor (IPB), kandungan minyak asiri yang terdapat dalam daun sirih bersifat anti-bakteri. Dengan kata lain, kandungan ini mampu membunuh bakteri penyebab bau mulut! Untuk menggunakannya, kamu bisa melakukan cara sama seperti cengkeh.  Pembuatannya tergolong praktis yaitu dengan merebus beberapa lembar daun sirih hingga matang. Air rebusan inilah yang digunakan utnuk menghilangkan bau mulut.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Mengurangi Kadar Lemak Dalam Makanan

(vem/sociolla/apl)