Rahasia Menumbuhkan Rambut Panjang

Annissa Wulan28 Nov 2018, 10:00 WIB
Ilustrasi rambut

Fimela.com, Jakarta Bosan dengan gaya rambut pendek dan ingin memiliki rambut panjang? Sebenarnya ada banyak cara untuk menumbuhkan rambut panjang.

Dilansir dari becomegorgeous.com, Rabu (28/11/2018), berikut ini adalah beberapa rahasia menumbuhkan rambut panjang. Penasaran apa saja?

1. Hindari bahan berbahaya dalam produk perawatan rambut

Hindari bahan kimia berbahaya yang sering terdapat pada produk perawatan rambut, sebisa mungkin cari produk yang alami dan organik. Produk perawatan rambut juga tidak boleh mengandung alkohol isopropil, SLS atau natrium lauril sulfat, propilen glikol, polietilena glikol, aminometil propanol, tar batubara, minyak mineral, pewarna, maupun wewangian sintesis.

2. Potong ujung rambut bercabang

Ujung rambut yang kering dan bercabang memang harus dihilangkan dengan memotongnya setiap bulan. Tidak perlu terlalu banyak, cukup beberapa inci saja, lalu rawat rambut dengan masker dan perawatan biasa.

3. Menggunakan kondisioner dengan cara yang benar

Menggunakan leave in conditioner secara rutin adalah cara terbaik untuk menjaga rambut tetap lembap. Untuk rambut rusak, lakukan setiap minggu. Selain itu, perawatan protein juga bisa membantu mencegah kerusakan dan menjaga rambut tetap baik.

4. Kurangi kerusakan rambut akibat bahan kimia

Perawatan rambut dengan bahan kimia dapat merusak rambut. Salah satu rahasia memanjangkan rambut adalah dengan melindungi kulit kepala dari produk pewarna.

Melakukan perawatan rambut dengan minyak secara rutin

Ilustrasi rambut
Ilustrasi rambut. Sumber foto: pexels.com/Bennie Lukas Bester.

5. Perawatan dengan minyak secara rutin

Minyak kelapa dan minyak argan adalah salah satu cara alami yang terbaik untuk menyehatkan kulit kepala dan menjaga rambut tetap sehat. Mengaplikasikan minyak ini sebelum keramas akan mencegah hilangnya banyak minyak alami dari batang rambut.

6. Melindungi rambut dari panas

Panas dari alat penataan rambut dapat mencegah rambut tumbuh panjang. Jika memang harus menggunakan alat, maka gunakan dengan suhu terbaik dan aplikasikan dengan benar.

7. Mencuci rambut dengan cara yang tepat

Dry shampoo dapat membantu untuk tidak mencuci rambut setiap hari. Jika tidak tahan, maka tahan untuk mencuci rambut hanya setiap dua hari sekali.

Selalu mencuci rambut ketika kulit kepala berkeringat, karena jika tidak, maka akan memperbesar kemungkinan iritasi. Pijat kulit kepala setiap hari untuk merangsang sirkulasi dan membantu pertumbuhan rambut.

Melindungi rambut dari kerusakan

Ilustrasi rambut
Ilustrasi rambut. Sumber foto: unsplash.com/Adrian Sava.

8. Melindungi rambut dari kerusakan

Melindungi rambut maksudnya adalah tidak mengikat rambut terlalu ketat, tidak tidur dengan rambut dikuncir. Menyisir setiap hari adalah rahasia untuk menumbuhkan rambut panjang.

Gunakan sisir dengan gigi yang lebar untuk mengurai rambut saat basah dan gunakan sikat bulu babi saat kering. Selalu mulai menyisir dari ujung untuk meminimalisir kerusakan.

9. Menggunakan minyak jarak

Minyak jarak dapat membuat rambut tumbuh panjang. Minyak jarak memiliki sifat antibakteri dan antijamur, sehingga dapat mengembalikan pH alami kulit.

Selain itu, minyak jarak juga dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala, bahkan dapat digunakan untuk bagian bulu mata. Gunakan sedikit saja, biarkan semalaman dengan tidur menggunakan topi mandi.

10. Makan dengan benar

Protein tanpa lemak dengan makanan yang kaya omega 3, zat besi, vitamin D, dan E, serta folat dapat membantu menjaga kesehatan rambut. Konsumsi suplemen dengan kandungan tersebut untuk mempermudah rutinitas perawatan rambut.

Lanjutkan Membaca ↓