Sukses

Beauty

Bohong Soal Usia Sebenarnya, Bisa Hidup Panjang Umur & Bahagia!

Banyak orang pasti tak ingin tampil tua dan tampak tua dari usia sebenarnya. Beberapa kakek atau nenek menolak untuk menjadi tua hanya karena usia mereka. Kamu pun pasti pernah menjumpai orang-orang lanjut usia yang berpakaian trendi dan bergaya anak muda dengan gerakan yang enerjik.

Dan ternyata hal ini justru bagus lho buat kesehatan mereka. Karena penelitian terbaru yang diterbitkan dalam JAMA Internal Medicine online mengungkapkan bahwa orang merasa lebih muda dari usia sebenarnya justru punya potensi besar hidup panjang umur.

Penelitian yang dilakukan terhadap 6.489 orang dengan usia rata-rata 65,8 tahun yang dilaporkan merasa lebih muda dari usia sebenarnya, paling tidak 10 tahun lebih muda. Hanya 4,8% yang merasa paling tidak 1 tahun lebih tua dari usia sebenarnya.

Panjang umur karena merasa lebih muda dari usia sebenarnya/copyright Shutterstock.com

Ketika peneliti asal University College London mengikuti kehidupan mereka selama delapan tahun, peneliti menemukan bahwa hanya 14% dari mereka yang merasa lebih uda dari usianya meninggal dunia. Dibandingkan 24% dari dengan mereka yang merasa lebih tua dari usia sebenarnya, sebanyak 18% dari mereka meninggal lebih cepat.

Peneliti mengungkapkan bahwa kebahagiaan dan semangat hiduplah yang membuat banyak orang tua ini panjang umur. Mereka yang merasa awet muda punya semangat hidup dan pikiran positif mengenai kehidupan dan merasa bahagia dengan apa yang bisa mereka kerjakan.

Jadi, untuk ayah ibu yang sudah kakek nenek, lebih baik memotivasi mereka untuk lebih bersemangat setiap harinya karena usia bukan batasan untuk merasa lebih muda.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading