Kulit Mendadak Bermasalah? Tak Perlu Panik, Ini Solusinya!

Fimela25 Nov 2017, 12:15 WIB
Kulit bermasalah/Copyright Shutterstock

Meskipun sudah menggunakan berusaha merawat kulit dengan sebaik mungkin, sering kali kita dikejutkan dengan beberapa kondisi kulit yang tiba-tiba muncul saat bangun tidur. Menyebalkan, bukan? Apalagi jika kamu memiliki acara penting pada hari itu, namun kondisi kulit wajah malah tidak bersahabat. Tapi tenang saja, semua masalah skin emergencies berikut ini ada solusinya, kok! Berikut ini adalah skin emergencies yang paling umum dan cara menanganinya dengan cepat!

Bangun Tidur dengan Jerawat Besar

Ini nampaknya merupakan salah satu masalah kulit yang paling sering dialami. Banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya jerawat dalam satu malam. Di antaranya adalah hormon yang tidak stabil, wajah yang dibersihkan dengan kurang baik, hingga akibat sarung bantal yang tidak bersih. Jika kamu mengalami masalah ini, tenang saja! Berikut cara mengatasinya:

  • Siapkan ice pack dan kompres area yang berjerawat selama 10 menit. Jerawat yang baru muncul masih bersifat meradang. Pengaplikasian ice pack pada jerawat dapat mengurangi peradangan dan kemerahan pada area berjerawat.
  • Setelah itu, kamu bisa menggunakan spot treatment pada jerawat. Untuk jerawat yang masih baru, pastikan untuk menggunakan spot treatment yang memiliki formula anti-inflammatory.
  • Ingat juga untuk tidak menyentuh dan memencet jerawat karena akan memperparah dan meninggalkan bekas jerawat pada kulit.

Bangun Tidur dengan Bibir Bengkak

Penyebab bibir bengkak yang paling umum adalah akibat jerawat, reaksi alergi, posisi tidur yang salah, sunburn, dan cedera. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, bibir bengkak juga dapat merusak penampilan. Kalau ini terjadi pada kamu, coba beberapa ini untuk mengatasinya:

  • Es Batu. Kompres bibir kamu selama 10 menit menggunakan es batu yang dibungkus dengan waslap. Es batu dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan yang terjadi pada bibir.
  • Kantung Teh Hitam. Kandungan zat tanin pada teh hitam dapat membantu mengurangi pembengkakan pada bibir. Rendam kantung teh hitam dalam air hangat selama 10 menit, lalu tiriskan dan biarkan hingga dingin. Letakkan kantung teh pada bibir, kompres selama 10 menit.
  • Madu. Madu memiliki sifat anti bakteri dan mampu menyembuhkan bibir yang bengkak. Selain itu, madu juga bagus untuk melembapkan bibir, mencegah infeksi, dan mengurangi radang pada bibir. Aplikasikan madu pada bibir, diamkan selama 20 menit, lalu bilas menggunakan air dingin.

Baca juga: Masalah Kulit Tak Kunjung Usai? Atasi dengan Memilih Jenis Vitamin yang Tepat

Kulit Terkelupas Setelah Chemical Peeling

Chemical peeling dapat memberikan tampilan kulit wajah yang kusam menjadi lebih cerah dan halus. Saat melakukan chemical peeling, kulit wajah akan menjadi kering dan terkelupas untuk membuang sel kulit mati yang sudah menumpuk pada wajah.

  • Gunakan pelembap secukupnya. Sesudah melakukan chemical peeling, kulit wajah akan menjadi kering dan mengelupas. Saat terjadi pengelupasan, jangan menggunakan pelembap secara berlebihan. Menghidrasi kulit yang telah dilakukan peeling terlalu berlebihan justru akan membuat proses pengelupasan berlangsung lebih lama.
  • Jangan mencabut kulit yang sedang mengelupas. Kulit yang terkelupas memang sering membuat tangan gatal ingin mencabutnya. Dalam proses chemical peeling, kulit mati akan terangkat dengan sendirinya. Jika kamu mencabut kulit yang belum sepenuhnya terangkat, kulit wajah dapat menjadi kemerahan bahkan luka.
  • Gunakan SPF. Saat chemical peeling dilakukan, sel kulit mati akan terangkat dan digantikan dengan sel kulit yang masih baru. Sel kulit baru ini masih rentan dan harus kamu lindungi dari sinar UV dengan menggunakan SPF. Ingat untuk selalu menggunakan sunscreen sebelum akan terekspos matahari.

Bangun Tidur dengan Puffy Eyes

Puffy eyes adalah kondisi di mana mata kamu mengalami pembengkakan dan berwarna kehitaman. Masalah ini disebabkan oleh adanya kelebihan cairan yang berkumpul pada area mata. Puffy eyes dapat disebabkan oleh konsumsi garam berlebih, alergi, menangis, kurang tidur, atau dehidrasi. Untuk mencegahnya, lakukan hal berikut ini:

  • Kompres mata kamu. kamu dapat menggunakan es batu yang dibungkus dalam plastik ataupun menggunakan irisan timun yang sudah didinginkan dalam kulkas. Diamkan selama 10 menit. Jika masih bengkak, tunggu selama 20 menit dan ulangi pengompresan.
  • Setelah dikompres, pijat area mata menggunakan jari manis yang sudah diberi gel ataupun krim mata. Gerakan memijiat pada mata dapat membantu cairan yang berada pada mata untuk kembali mengalir.

Baca juga: 5 Produk Skin Care yang Perlu kamu Miliki untuk Atasi Berbagai Permasalahan Kulit Saat Menstruasi

Kulit Kusam Karena Kurang Tidur

Terlalu asyik bekerja atau menonton drama hingga harus begadang? Siap-siap saja, kamu akan terbangun dengan wajah lelah dan kulit kusam. Kulit kusam tentunya membuat penampilan menjadi tidak segar lagi. Lakukan hal-hal ini untuk mengurangi tampilan kulit kusam di pagi hari:

  • Menggantungkan kepala secara terbalik. Meletakan posisi kepala secara terbalik dapat meningkatkan kadar oksigen dan darah pada kepala. kamu bisa melakukan posisi ini dengan menggantungkan kepala kamu secara terbalik dari sisi tempat tidur. Dengan melakukan hal ini selama 3 menit, darah yang mengalir menuju kepala dapat membuat wajah menjadi kemerahan secara alami dan membuat tampilan kulit menjadi lebih segar.
  • Pijat wajah kamu. Sehabis menggunakan pelembap, pijat wajah kamu dengan menggunakan sedikit face oil. Face oil akan memberikan tampilan wajah yang lebih sehat dan glowing. Pemijatan yang dilakukan pada wajah akan membantu peredaran darah sehingga wajah kamu akan menjadi lebih segar.

(vem/sociolla/apl)