Sukses

Beauty

Minum Sekaleng Soda Tiap Hari Turunkan Kesuburan Wanita Hingga 25%

Masih banyak orang yang suka minum soft drink, atau minuman-minuman bersoda. Sayangnya, minuman ini tidak memberikan manfaat untuk tubuh, sebaliknya justru menimbulkan efek buruk seperti memicu kegemukan, diabetes, penyakit jantung dan penyakit lainnya.

Tapi bukan hanya itu yang akan ditimbulkan karena minum soda, ternyata kesuburan tubuh juga bisa berkurang lho. Penelitian terbaru yang dilakukan di Boston University selama 14 tahun menemukan bahwa minum satu kaleng soda saja per harinya bisa menurunkan kesuburan tubuh hingga 25%.

Tes dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kesuburan dan konsumsi gula yang tinggi. Dengan kata lain, kamu akan lebih sulit hamil karena banyak minum soda setiap harinya. Profesor Elizabeth Hatch dan timnya mengumpulkan data 3.828 wanita dan pasangan mereka selama tahun 2003-2017. Partisipan diminta mengisi survey tentang makanan yang dikonsumsi setiap hari, terutama konsumsi makanan dan minuman bergula, seperti soda.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan Epidemiology menemukan bahwa pria yang minum satu kaleng soda per harinya mengalami penurunan kesuburan reproduksi hingga 33%. Sedangkan wanita yang minum satu kaleng soda per hari mengalami penurunan kesuburan 25%. Baik pria maupun wanita akan lebih sulit hamil jika minum soda setiap hari.

Diet sehat perlu diterapkan untuk meningkatkan kesuburan sehingga kesempatan cepat hamil lebih besar. Jadi, jangan terlalu sering minum soda lagi ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading