Sukses

Beauty

Gampang Lupa, Tanda Bahaya Kamu sedang Stres Berat Ladies!

Pernahkah kamu merasa jadi gampang lupa, melupakan apa yang ingin kamu katakan, lupa di mana meletakkan barang padahal belum 5 menit yang lalu dan lupa sedang merebus air dan lain sebagainya?

Kamu merasa aneh, padahal dulu kamu nggak se-pelupa ini, dan kamu heran bagaimana ini bisa terjadi padahal kamu tahu betul kamu bukan tipe orang pelupa. Kemungkinan besar, ada sesuatu yang sedang terjadi di tubuhmu, karena penyebabnya ada pada tubuhmu sendiri.

Seperti dikutip dari Woman's Day, Elizabeth Lombardo, PhD, MS, PT, seorang psikolog dan terapis fisik mengungkapkan,"Penelitian menemukan bahwa stres kronis bisa secara langsung menyusutkan ukuran area hipokampus otak, yang mana bertanggungjawab dalam fungsi mengingat dan menyimpan memori."

Saat terjadi penyusutan ukuran hipokampus, akibatnya fungsi hipokampus juga akan menurun, seperti kemampuan mengingat jangka pendek sehingga kamu jadi mudah lupa dengan apa yang kamu lakukan sekian menit yang lalu.

Gejala pelupa ternyata tanda kamu sedang stres berat/copyright Shutterstock.com
"Untungnya, ukuran hipokampus ini akan kembali normal jika tingkat stres berkurang," tambah Dr. Lombardo. Untuk mengurangi tingkat stres, olahragalah, seperti jalan kaki, menaiki tangga dan nge-dance, menggerakkan tubuh.

Ia menjelaskan bahwa olahraga membantu menjaga fungsi otak tetap tajam dan bahkan mempertahankan kesehatan fungsi otak ketika dirimu ditimpa stres akut lagi. Jadi tubuh akan lebih kebal dan efek stres tidak akan sehebat ketika pertama kali menyerangmu. Dengan kata lain, kamu tidak akan mudah jadi pelupa jika stres lagi.

Jadi, sekarang kamu tahu kan penyebabnya mengapa bisa jadi pelupa secara tiba-tiba? Jangan sampai stres berat ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading