Sukses

Beauty

Trik Atasi Bibir Kering dan Mengelupas

Jakarta Bibir yang kering dan pecah-pecah selain mengganggu penampilan, juga bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan, seperti dehidrasi, iritasi bibir, dan malnutrisi. Mempunyai bibir yang sehat tentu dapat menunjang penampilan.

Namun, beberapa perempuan sering mengeluhkan bibirnya yang kering dan pecah-pecah. Memakai lipstik yang bertujuan supaya bibir terlihat lebih indah justru dapat membuat bibir terlihat buruk ketika sedang kering dan pecah-pecah, membuat wanita kurang percaya diri.

Kulit bibir juga tidak memiliki pelindung terhadap sinar UV, perubahan temperatur, angin, dan pengaruh AC. Karena tidak seperti bagian kulit lainnya, kulit bibir tidak memiliki melanin, yaitu pigmen pewarna kulit sekaligus pelindung kulit. Kulit bibir juga tidak memiliki kelenjar yang dapat menghasilkan pelumas alami untuk melembapkan bagian kulitnya.

Ketika bibir kehilangan kelembapannya, kulit yang melapisi bibir dapat menjadi kaku dan mulai pecah-pecah. Bibir akan kering ketika kehilangan kelembapan karena terpapar sinar matahari, angin, atau udara dingin.

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Mengelupas

Bibir sehat akan terlihat lebih indah dan menarik. Untuk membuatnya tetap sehat, bibir juga perlu perawatan. Berikut cara mengatasi bibir kering dan mengelupas yang Fimela rangkum dari berbagai sumber, Jumat (30/11).

1. Banyak minum air

Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas dengan banyak minum air. Ini merupakan salah satu cara paling mudah untuk membuat bibirmu tetap lembap. Kekurangan cairan dalam tubuh dapat mengurangi kelembapan bibir sehingga menyebabkan bibir menjadi kering. Oleh karena itu, minumlah air dalam jumlah yang cukup, minimal 8 gelas dalam sehari.

2. Jangan menjilat bibir

Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas adalah jangan menjilat bibir. Kamu sudah tahu kan, kalau ternyata menjilat bibir justru akan membuat bibir kering bukan malah melembapkannya. Karena itu, kurangi kebiasaan menjilat bibir mulai sekarang.

3. Memakai lip balm

Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas adalah dengan memakai lip balm. Lip balm membuat bibir tetap lembap. Lip balm biasanya mengandung petroleum, beeswax, atau minyak lainnya yang akan menjadi penghalang untuk mencegah hilangnya kelembaban bibir. 

 

4. Pilih lipstik yang sesuai

Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas lainnya adalah dengan memilih lipstik yang sesuai. Kandungan alkohol dalam lipstik, seperti pada lipstik jenis matte atau lipstik yang tahan lama, biasanya cenderung untuk mengurangi kelembapan bibir karena alkohol cepat menguap.

5. Gunakan madu sebelum tidur

Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas dengan menggunakan madu sebelum tidur. Madu merupakan cara alami untuk menghilangkan bibir kering. Sesaat sebelum tidur, oleskan madu tipis-tipis pada bibir dan biarkan hingga pagi.

 

6. Sering melakukan eksfoliasi

Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas dengan rutin melakukan eksfoliasi. Untuk melakukan hal ini kamu bisa menggunakan scrub bibir ataupun sikat gigi. Hal tersebut dipercaya dapat melepaskan sel-sel mati pada area bibir. 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading