Sukses

Beauty

10 Cara Mudah Atasi Kulit Kering dan Kusam

Jakarta Kulit kering membuat para perempuan kurang percaya diri. Beragam cara mengatasi kulit kering pun dilakukan agar bisa mendapatkan kulit indah impiannya. Pasalnya, ruam, kulit terkelupas, penuaan, garis-garis halus, dan kerutan bisa muncul pada kulit kering.

Permasalahan kulit kering terjadi akibat akumulasi dari kulit mati di beberapa bagian. Kulit kering dan kusam ini tentu membuat kamu kurang percaya diri. Untuk mengatasinya, kulit membutuhkan nutrisi yang bisa didapatkan dari pelembap. Selain itu kulit kering membutuhkan hidrasi, makanan, dan kelembaban yang lebih sering ketimbang kulit normal ataupun berminyak.

Umumnya kulit yang mengering disebabkan oleh cuaca dingin atau kosmetik dan sabun yang kamu gunakan. Kelenjar sebaceous di dalam kulit yang lamban memproduksi minyak alami juga bisa menyebabkan kulit kering.

Selain itu riasan kosmetik, perubahan iklim, pemakaian obat-obatan tertentu, dermatitis kontak juga dapat menjadi penyebab lainnya. Lebih lanjutnya, berikut ini Fimela rangkum dari berbagai sumber, Jumat (30/11), cara atasi kulit kering dan kusam.

1. Makan yang bergizi dan minum air putih

Salah satu cara mengatasi kulit kering secara alami, yakni dengan membenahi apa saja makanan yang dikonsumsi. Jika selama ini kamu kurang menyukai sayuran dan buah-buahan, mulai sekarang perbanyaklah mengkonsumsi makanan tersebut. Selain itu, rajinlah mengkonsumsi air putih agar kulit terhidrasi dengan baik. Hal ini tak hanya membuat masalah kulit kering teratasi, namun kamu pun akan menjadi lebih segar.

3. Makan ikan

Para ahli juga menyarankan kamu untuk banyak makan ikan sebagai cara mengatasi kulit kering secara alami. Cobalah menyeimbangkan diet kamu dengan lebih banyak mengonsumsi ikan dan sayuran untuk memberi tubuh dosis asam lemak dan vitamin, membuat kulit lebih kenyal dan terhidrasi.

3. Menggunakan pelembap alami

Cara mengatasi kulit kering secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan pelembap alamai. kamu bisa menggunakan Bubuk almond, minyak argan, dan madu yang bisa memberi pengelupasan pada kulit wajah. Pastikan untuk mencampurkan bubuk almond hingga halus guna menghilangkan bagian bergeriginya yang mungkin dapat menggores permukaan kulit.

Cara mengatasi kulit kering secara alami

 

4. Gunakan lidah buaya

Lidah buaya merupakan salah satu bahan terbaik yang dapat digunakan sebagai kosmetik dan obat alternatif. Kandungan nutrisi yang terdapat pada lidah buaya dapat membantu melawan sengatan matahari dan kulit kering. Cara mengatasi kulit kering secara alami dengan lidah buaya adalah kamu dapat menggunakan krim yang terbuat dari gel lidah buaya dan minyak almond. Jika memiliki masalah kulit kering pada bagian yang berambut, kamu tidak perlu mencukur terlebih dahulu. Krim ini dapat melumasi daerah berambut yang mengalami kulit kering.

5. Gunakan minyak kelapa

Cara mengatasi kulit kering secara alami selanjutnya dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak ini merupakan salah satu bahan herbal yang sederhana nan ekonomis guna memerangi kulit kering. Jika kamu mengalami kulit kering, minyak kelapa dapat dioleskan pada bagian tersebut. Tak hanya kulit, jika mengalami bibir kering, kamu juga dapat memanfaatkannya dengan mengoleskannya pada bagian tersebut. Minyak ini memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit.

6. Perawatan dengan yogurt dan telur

Kandungan protein dan lemak baik dalam telur juga yogurt dapat digunakan sebagai cara mengatasi kulit kering secara alami. Kombinasi kandungan keduanya juga membantu menyehatkan dan melindungi kulit dengan mencegah kerusakan sel kulit akibat paparan radikal bebas dari polusi udara. Untuk membuatnya, gunakan yogurt murni tanpa tambahan gula dan perasa.

Cara mengatasi kulit kering secara alami dengan yoghurt dan telur adalah, ambil beberapa sendok yoghurt dan campurkan telur ke dalamnya. Oleskan campuran ini langsung ke kulit dan pijat perlahan sampai meresap sempurna. Biarkan hingga kurang lebih 10 menit sebelum dibersihkan. Usahakan untuk membilasnya dengan air hangat sampai bersih.

7. Masker alpukat

Cara mengatasi kulit kering secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan alpukat sebagai maker. Gunakan campuran alpukat dan madu sebagai perawatan kulit kering. Asam lemak dalam campuran alpukat memiliki sifat alami antibakteri. Sedangkan madu dapat menghidrasi kulit kering untuk melawan noda.

8. Teh hijau

Cara mengatasi kulit kering secara alami selanjutnya adalah dengan melakukan perawatan di rumah dengan menggunakan teh hijau. Cara mengatasi kulit kering yakni dengan menggunakan Teh hijau, minyak kelapa, minyak almond, minyak vitamin E, dan minyak lavender. Kombinasi teh hijau dengan salah satu minyak essensial tersebut dapat menenangkan kulit kering dan kulit sensitif yang sedang mengalami iritasi.

9. Krim susu

Sejak dahulu susu banyak dimanfaatkan untuk kecantikan. Salah satunya sebagai cara mengatasi kulit kering. Cara mengatasi kulit kering dengan susu yakni dengan menerapkan krim susu segar di kulit setiap hari. Langkah ini akan membantu melembabkan kulit, menghapus kulit terbakar dan lingkaran hitam.

10. Minyak Almond

Minyak almond terkenal karena memiliki manfaat untuk kecantikan. Salah satunya sebagai cara mengatasi kulit kering secara alami. kamu cukup oleskan minyak pada kulit kering dan pijat dengan lembut. kamu juga dapat menambahkan aloe vera atau lidah buaya untuk hasil yang lebih baik dan lebih cepat. Campurkan satu sendok teh aloe vera dan satu sendok teh minyak almond lalu oleskan pada kulit yang kering.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading